Berhubungan namun keluar di luar apakah bisa hamil?

I Info Penanya: I, Wanita, 19 Tahun
Halo dok.. saya ingin bertanya, kemarin saya menstruasi tgl 20 juni, setelah itu saya berhubungan di tgl 9, tapi spermanya dikeluarkan di luar. Apakah saya bisa hamil ? Ataukah saya akan menstruasi di tgl yang sama ? Ataukah telat datang bulan? Terima kasih dokter.. mohon di jawab ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, I

Pada saat berhubungan intim, laki-laki biasa mengeluarkan cairan yang bersifat pelumas. Kadang dalam cairan tersebut bisa mengandung sperma dalam jumlah sedikit namun bisa juga menghasilkan pembuahan.

Mulai menstruasi tanggal 20 Juni, bila anda selama ini siklus teratur dan normal (28 hari) maka fase subur anda diperkirakan tanggal 3 Juli. Dalam metode kalender kita menganjurkan hindari berhubungan +/- 5 hari atau dari tanggal 28 Juni - 8 Juli. Karena sperma bisa hidup selama 5 hari atau tanggal subur anda bisa bergeser beberapa hari. Ini disebut metode kalender, angka keberhasilan sangat bervariasi dari 5-20 %. Bila anda aktif berhubungan sebaiknya ganti dengan metode yang lebih tinggi keberhasilannya seperti pil, kondom atau spiral.

Perkiraan menstruasi pada siklus 28 hari sekitar tanggal 18 Juli. Bisa saja telat karena berbagai faktor termasuk stres, cemas dan emosi.

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat, 

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara merangsang wanita yang menjadi pasangan Anda cukup dengan menyentuh bagian-bagian tertentunya yang sensitif

Cara Merangsang Wanita Melalui Sentuhan Tubuh dan G-Spot

Kepuasan seksual bukan hanya milik kaum pria saja. Bila Anda ingin membahagiakan pasangan, pahami cara merangsang wanita pada titik-titik sensitifnya. Dengan menyentuh area tertentu, Anda dapat dengan mudah membangkitkan gairah istri.