berhubungan intin dan berganti pasangan berbeda dan resiko HIV

RT Info Penanya: RT, Wanita, 2019 Tahun
Dok,saya pernah melakukan hubungan intim.dan pernah berganti2 pasangan dengan org yg berbeda dok.apakah saya harus segera cek darah untuk mengeahui apakah saya terkena hiv atau tidak,dan apakah tetap di katakan saya terkena atau tidak dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RT

Aktivitas seksual beresiko dan berganti ganti pasangan merupakan salah satu penyebab transimisi infeksi penyakit HIV dan infeksi menular seksual lainnya seperti gonorhea, sipilis, herpes, klamidia. 

Infeksi HIV pada tahap awal mungkin tidak menimbulkan gejala, namun pada tahap lanjutan dapat melemahkan sistem imun yang menyebabkan mudah masukkan infeksi lain ke tubuh seperti tuberkulosis, pneumonia, candisiasi, radang selaput dan otak hingga akhirnya menyebabkan kematian.

Untuk menentukan secara pasti harus dilakukan pemeriksaan darah anti HIV, jika hasil negatif maka harus dilakukan pemeriksaan 3 bulan selanjutnya. Sampai saat ini HIV belum ditemukan obat penyembuhnya

Satu-satunya cara menghindari terinfeksi HIV adalah menghindari aktivitas seksual beresiko, jika terlanjur melakukan maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan program VCT dan melakukan pemeriksaan tes darah. Jika hasil telah positif HIV maka sebaiknya melakukan pengobatan dan hindari aktivitas beresiko.

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara mencegah herpes kelamin pria adalah melakukan sunat

Herpes Kelamin Pria Dapat Dicegah dengan Sunat

Penyebab herpes kambuh adalah daya tahan tubuh melemah, kelelahan, dan stres psikis. Salah satu cara mencegah herpes kelamin pria adalah melakukan sunat. Dengan sunat, kulit berlebih pada kelamin pria ini dibuang sehingga virus tidak mudah masuk.