Berhubungan intim tapi spermanya selalu di keluarkan di luar, apakah bisa hamil?

GB Info Penanya: GB, Wanita, 20 Tahun
Halo dok, saya mau bertanya, kemaren saya menstruasi tanggal 17 juli, nah tgl 23 agustus saya berhubungan tapi spermanya selalu di keluarkan diluar. Kenapa yah dari bulan agustus sampe sekarang udah masuk bulan september belum menstruasi lagi? Apakah ini tanda tanda hamil? Atau cuma telat menstruasi dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang GB,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Kehamilan pada prinsipnya bisa terjadi bila ada pembuahan sperma dan sel telur di dalam rahim. Sel telur akan keluar setiap bulannya satu bulan sekali pada saat wanita memasuki masa subur atau masa ovulasi. Masa subur terjadi sekitar 12-16 hari sebelum mestruasi berikutnya. Jika pada masa subur masuk sperma maka peluang kehamilan semakun tinggi.

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, jika Anda berhubungan kemudian melakukan ejakulasi di luar, maka kemungkinan tidak ada sperma yang masuk ke dalam. Namun harus di pastikan apakah benar, tidak ada sperma yang masuk. Jika ada kemungkinan sperma yang dapat masuk, maka peluang kehamilan bisa terjadi.

Untuk itu tidak bisa di pastikan terlambat haid Anda karena hamil atau sebab lain, seperti gangguan hormonal, gangguan tiroid, stres atau kelelahan, diet atau kegemukan, penyakit tertentu seperti PCOS atau miom, dll. Untuk memastikannya, Anda bisa lakukan pemeriksaan testpack terlebih dahulu. Jika kemudian hasil positif Anda bisa lakukan pemeriksaan USG ke dokter kandungan 2 minggu kemudian. Dan jika negatif, kemungkinan karena sebab lain, jika mesntruasi tidak kunjung datang hingga 1 siklus, sebaiknya periksakan lebih lanjut ke dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita menorrhagia dapat mengeluarkan darah menstruasi lebih dari 80 ml

Terlalu Sering Ganti Pembalut? Anda Mungkin Terkena Menorrhagia

Sering gonta-ganti pembalut saat menstruasi sangat menganggu bagi perempuan. Kondisi ini dapat mengindikasikan terjadinya menorrhagia, yaitu volume darah menstruasi yang dua kali lipat lebih banyak dari jumlah normal. Dalam kondisi normal, perempuan mengeluarkan 30-40 ml darah menstruasi dalam waktu empat hingga lima hari. Ada beberapa penyebab menorrhagia, dimulai dari ketidakseimbangan hormon hingga penyakit. Segera konsultasikan ke dokter agar penyebab menorrhagia dapat diketahui.