Berhubungan intim setelah darah haid tidak keluar apakah ada kemungkinan hamil?

L Info Penanya: L, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya mau tanya ,saya berhubungan intim stlah hari ke 5 haid tp darah sudah tidak kluar apakah ada kmungkinan hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, LM

Terima kasih atas pertanyaannya.

Berhubungan intim hari ke-5 setelah darah haid tidak keluar, kemungkinan hamilnya sangat kecil. Untuk hamil harus dilakukan saat ovulasi yaitu ketika indung telur melepaskan sel telur untuk pembuahan dan bertemu dengan sel sperma. Sel telur usianya 12-24 jam sedangkan sperma sekitar 3 hari / 72 jam. Ovulasi terjadi sekitar 14 hari sebelum menstruasi keluar (hari ke-14 pada siklus normal 28 hari). Sedangkan anda berhubungan pada hari ke-5 jadi kemungkinannya kecil. Tapi perlu diingat juga bahwa perdarahan vagina bisa terjadi saat ovulasi dan sering dikira sebagai haid. Bedanya kalau haid berlangsung beberapa hari dan jumlahnya lebih banyak. Kalau saat ovulasi biasanya hanya berupa flek. 

Kemudian untuk memastikan hamil atau tidaknya bisa dengan test pack bila nantinya haid terlambat. Selain itu ada juga tanda-tanda pertama kehamilan yang bisa anda baca artikelnya. Bila memang belum berencana hamil, sebaiknya menggunakan kontrasepsi. Banyak pilihan jenis-jenis KB yang bisa anda baca artikelnya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebelum membeli test pack, perhatikan dulu masa kedaluwarsanya.

Cara Menggunakan Test Pack yang Tepat untuk Hasil Akurat

Menggunakan test pack ada aturannya juga. Apalagi kalau Anda sedang mengidam-idamkan kehamilan, memahami cara menggunakan test pack yang tepat untuk hasil akurat, wajib hukumnya!