22 Aug 2020, 01:07Kandungan

Berhubungan intim saat menstruasi, apakah berbahaya?

AS
Info Penanya: AS, Wanita, 19 Tahun
Selamat malam dok saya A umur 19thn dan baru menikah, saya mau tanya dok kemarin saya berhubungan intim dengan suami saya pada saat mentruasi hari pertama, apakah itu berbahaya atau tidak dok? mohon penjelasannya terima kasih sebelumya?
4626 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang AS,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Menstruasi merupapakan suatu keadaan dimana terjadi peluruhan dinding rahim karena tidak ada sel telur yang di buahi. Berhubungan saat menstruasi masih menuai pro dan kontra. Menurut agama dan kepercayaan masyarakat tertentu, berhubungan saat wanita sedang menstruasi adalah dilarang. Namun ada yang percaya bahwa tidak apa-apa berhubungan saat menstruasi. Dalam sisi medis, berhubungan saat menstruasi memiliki dampak positif dan dampak negatif.

Beberapa dampak positif yang dapat muncul, berhubungan saat menstruasi :

  • Mengurangi rasa nyeri saat mentruasi
  • Membuat tubuh lebih rileks

Namun selain itu ada pula dampak negatif yang dapat muncul :

Beberapa tips yang dapat dilakukan adalah, sebaiknya jangan melakukan hubungan saat menstruasi sedang banyak, gunakan kondom untuk mengurangi jumlah darah yang keluar, mandi bersama dengan air hangat. Sebelum Anda melakukan hubungan seksual sebaiknya pertimbangkan dampak positif dan dampak negatifnya. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
siklus haidmenstruasimerencanakan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil