Berhubungan intim saat masa tidak subur apakah berpotensi hamil?

IB Info Penanya: IB, Pria, 2019 Tahun
Saya ingin bertanya apakah berhubungan intim saat Tgl masa tidak subur berpotensi hamil dok, Dan setelah berhubungan kepala pusing Dan Teresa mual apa kah itu normal
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, IBJ

Terima kasih atas pertanyaannya.

Pada masa tidak subur seharusnya tidak berpotensi hamil. Namun ada beberapa faktor yang berperan. Pertama adalah siklus haid wanita tidak selalu 28 hari. Pada wanita yang siklusnya teratur masih bisa dipengaruhi oleh faktor emosi, kebugaran tubuhnya dan faktor klinis lainnya. Misalnya ada stres atau sedang banyak pikiran di kantor / tempat kerja. Atau sedang tidak fit, terlalu banyak berolahraga dan kurang istirahat. Faktor klinis bisa dari hormon seperti tiroid atau ada peradangan di organ kandungan. Sehingga angka keberhasilan metode kalender sekitar 60-80 % dalam mencegah kehamilan. Bila dibandingkan penggunaan kondom atau kontrasepsi hormonal bisa mencapai >95% bila digunakan dengan benar. Sehingga metode kalender harus dikombinasikan dengan metode lain, minimal dengan putus senggama (keluar diluar) agar lebih efektif. 

Keluhan pusing dan mual setelah berhubungan biasanya akibat aktivitas seksual tersebut membakar kalori sehingga bila anda sedang kurang fit atau belum makan maka tubuh mengeluarkan sinyal pusing karena stok kalori / gula darah tubuh menjadi turun. Kemudian merangsang pencernaan seperti lambung untuk mengeluarkan asam lambung sehingga terasa mual. Namun bila keluhan terus timbul mungkin memang sudah ada gangguan di pencernaan sebelumnya, anda bisa memeriksakan diri dengan Dokter / Internist untuk evaluasi selanjutnya. Berikut artikel mengenai tips mencegah kehamilan dengan kb alami.

Salam Sehat, 

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cek kondisi dan kelayakan kondom, termasuk tanggal kedaluwarsa sebelum menggunakan

Ini Cara Memakai Kondom yang Benar Agar Terhindar dari Kehamilan Tak Terencana

Cara memakai kondom yang benar dan aman adalah cek kondisi kelayakannya, buka pembungkus kondom dengan hati-hati hingga cek agar tak terdapat udara terperangkap pada kondom saat digunakan.