berhubungan intim saat istri haid apakah bisa hamil ?

YP Info Penanya: YP, Pria, 27 Tahun
Assalamualaikum dok , saya berhubungan intim dgn istri saya . Dan istri saya masi dalam haid hari ke 3 , apa kemungkinan istri saya akan hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi YP,

waalaikumsalam, Wanita dewasa mempunyai beberapa hormon yang berfungsi dalam sistem reproduksi, diantaranya hormon estrogen dan progesteron. Hormon tersebut mempengaruhi tebal tipisnya dinding rahim (endometrium) yang berguna untuk tempat menempelnya Zigot (sel telur yang sudah dibuahi oleh sperma).

Setiap bulan, dalam organ reproduksi wanita melepaskan sel telur pada hari ke 14 tiap siklusnya dimana sebelumnya didahului pelepasan hormon yang menyebabkan dinding rahim tebal, jika  tidak ada pembuahan maka lapisan rahim tersebut terkelupas keluar setelah 14 hari kemudian, inilah yang dinamakan Menstruasi.

Kebanyakan wanita mempunyai siklus Menstruasi selama 28 sampai 32 hari, namun beberapa wanita mempunyai siklus menstruasi yang lebih pendek kurang dari 28 hari (misal 24 hari). Pada kondisi tertentu jika wanita tersebut berhubungan intim di saat hari terakhir haid, maka sperma mampu bertahan di dalam tubuh wanita tersebut dan membuahi sel telur  pada hari kedua atau ketiga setelah hubungan seks. Hal ini dikarenakan sperma mampu bertahan hidup dalam organ reproduksi wanita selama 3 sampai 5 hari. Sehingga bisa ditarik kesimpulan berhubungan intim saat istri menstruasi bisa juga membuat wanita hamil.

Beberapa tips yakni hendaknya menggunakan kondom saat berhubungan intim dan bila diperlukan istri Anda bisa melakukan cek diri misal apakah ada bercak darah, nyeri pada payudara, kram pada perut. Beberapa gejala tadi muncul dua minggu setelah ovulasi sehingga apabila ada tanda tersebut berarti wanita tersebut dalam masa sangat subur selama periode menstruasi. Sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter apabila ada pertanyaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mual dan muntah pada trimester pertama kehamilan terjadi karena dehidrasi dan kekurangan elektrolit

Hamil Muda? Awasi 7 Masalah Trimester Pertama Kehamilan Ini!

Pada trimester pertama kehamilan, ibu hamil akan mengalami berbagai masalah kehamilan. 7 masalah ini yang akan muncul pada trimester pertama kehamilan.