08 May 2021, 21:29Kandungan

Apakah pil KB darurat efektif mencegah kehamilan ?

DS
Info Penanya: DS, Pria, 21 Tahun
Asalamualaikum dok, sya mau bertanya, saya bulan kemarin sering sekali berhubungan intim sama istri saya, tetapi saya tidak mengunakan alat pengaman, dan setelah itu di akhirbulan kok isti saya gak juga datang bulan, padahal saya mengeluarkan seperma saya diluar dok, apakah kemungkinan istri saya bisa hamil, jika iya adakah jalan lain sebelum kehamilan itu datang dok, dan bagaimana caranya agar tidak terjadi kehamilan,apakah ada obat nya yang dijual diapotek, terimakasih dok, mohon konsultasinya
109 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Waalaikumussallam, S.Kehamilan adalah suatu yang normal terjadi dalam sebuah pernikahan, dan tak jarang pula banyak usaha dan cara yang dilakukan agar pasangan segera hamil. Kehamilan dapat ditandai dengan telat datang bulan dan keluhan lain seperti mual yang berlebih di pagi hari (morning sickness).

Bagaimana cara mencegah kehamilan ?

Anda yang berhubungan dengan istri tanpa pengaman dapat menyebabkan kehamilan walau ejakulasi dilakukan di luar vagina karena cairan praejakulasi yang masuk ke vagina dapat membawa sperma walau dalam jumlah lebih sedikit.Jika Anda ingin mencegah kehamilan, maka istri Anda dapat mengkosumsi pil KB darurat. Pil KB darurat dikonsumsi segera setelah Anda dan istri berhubungan dan maskimal 3 hari. Jika lewat dari 3 hari, pembuahan yang terjadi tidak dapat dicegah.Sebaiknya istri Anda melakukan pemeriksaan test pack secara bekala dengan jarak 1 minggu menggunakan urin di pagi hari. Jika hasil negatif maka istri Anda dapat menggunakan alat kontrasepsi seperti implan atau susuk, IUD, pil KB dan KB suntik. Anda dan istri juga dapat menggunakan kondom saat berhubungan.Jika hasil pemeriksaan test pack positif, maka jaga kandungan istri Anda, jangan mencoba untuk menggugurkan kandungan karena berbahaya bagi ibu serta janin. Konsultasi segera ke dokter kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilanmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil