Apa bisa hamil bila sudah menstruasi?

AN* Info Penanya: AN*, Pria
Dok saya mau nanya, 5mimggu yang lalu saya dan pacar berhubungan intim tanpa penetrasi, hanya menghisap payudara dan menjilat menghisap vagina nya saja, setelah itu 1minggu kemudian haid.. Apa bisa menyebabkan hamil dok...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Berhubungan seksual di luar pernikahan sangatlah berbahaya, selain meningkatkan risiko infeksi menular seksual, juga bila sampai terjadi kehamilan maka akan menimbulkan masalah besar. Karena tindakan pengguguran kandungan termasuk tindak pidana dan dapat dihukum penjara.

Perihal aktivitas seksual yang Anda lakukan selama penis tidak menempel pada vagina, dan jari bekas sperma tidak menempel pada vagina maka tidak mungkin terjadi kehamilan. Tapi bila Anda tidak melakukan penetrasi namun penis sempat menempel pada vagina, maka masih bisa terjadi kehamilan karena cairan pra ejakulasi sudah mengandung sperma, sehingga bisa saja terbawa masuk ke dalam vagina karena kondisi vagina yang sudah licin.

Bila setelah berhubungan seksual terjadi haid, maka tidak mungkin hamil karena lapisan rahim tempat janin menempel sudah luruh lewat haid.

Gunakan kondom atau KB bila belum siap memiliki anak, dan sebaiknya hindari berhubungan seksual di luar ikatan pernikahan agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Banyak pilihan KB yang bisa digunakan pacar Anda misal pil KB, suntik KB atau pemasangan implan untuk mencegah kemungkinan terjadinya kehamilan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perut gatal saat hamil sebaiknya jangan digaruk

Penyebab Perut Gatal Saat Hamil dan Cara Mudah Mengatasinya

Perut gatal saat hamil merupakan salah satu masalah yang paling sering dialami oleh ibu. Selain pergi ke dokter, ada sejumlah cara mudah yang dapat diterapkan di rumah untuk mengatasi rasa gatal di perut.