Berhubungan intim pertama kali

EC Info Penanya: EC, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya. Saya baru pertama kali berhubungan intim. Dan siklus menstruasi saya juga tdk tau, krn saya ga pernah menghitungnya.Yg ingin saya tanyakan.. saya berhubungan intin, namun sperma dikeluarkan diluar vagina. Karena saya takut, apakah perlu minum postinor 2?Saya sudah membelinya, dan dikasih resep sama apotekernya yaitu..1. Minum 1 pil pertama,2. Minum pil kedua setelah 12jamApakah saya perlu meminumnya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang E,

Pembuahan atau kehamilan dapat terjadi ketika sel telur dibuahi oleh sel sperma baik melalui hubungan intim ataupun metode pembuahan lain yang dapat mempertemukan sel sperma dengan sel telur seperti misalnya pada proses bayi tabung. Ketika berhubungan intim, apabila tidak menggunakan pengaman seperti alat kontrasepsi dan terjadi ejakulasi di luar organ intim wanita maka pembuahan akan kecil kemungkinannya terjadi, tetapi peluang untuk hamil tetap ada seperti misalnya apabila terjadi preejakulasi ataupun sel sperma yang tanpa sengaja masuk kedalam organ reproduksi dan membuahi sel telur wanita. 

Metode yang Anda lakukan merupakan metode kontrasepsi darurat untuk mencegah kehamilan tetapi metode ini harus didiskusikan dan diberikan oleh dokter karena kontrasepsi darurat hanya dapat bekerja efektif pada periode dan cara pakai khusus. Dimana beberapa hal dapat membuat kontrasepsi darurat tidak lagi efektif salah satunya apabila digunakan setelah beberapa hari setelah berhubungan. Untuk itu periksakan diri pada dokter atau dokter ahli kandungan agar diberikan penanganan yang tepat.

Apabila saat ini Anda belum siap untuk hamil maka sebaiknya menggunakan kontrasepsi untuk mencegah kehamilan, selain itu kontrasepsi seperti kondom juga dapat membantu untuk mencegah terjadinya penularan beberapa penyakit yang dapat menular melalui hubungan seksual seperti misalnya HIV, Hepatitis, dan juga penyakit menular seksual. Semoga bermanfaat.

Salam sehatQ,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Susah orgasme pada wanita dapat berdampak pada hubungan seksual dengan pasangan

Tidak Hanya Pria, Susah Orgasme Juga Bisa Melanda Wanita

Masalah susah orgasme tidak hanya dialami oleh kaum Adam saja, faktanya, kaum Hawa juga dapat merasakan susah orgasme. Susah orgasme atau anorgasmia bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti fisik, psikologis, dan hubungan dengan pasangan.