Perdarahan sehari setelah berhubungan intim

VM Info Penanya: VM, Wanita
Selamat siang, aku mau nanya kemarin habis melakukan hubungan dengan pasangan nah 1 hari sesudah itu aku keluar darah awalnya darah segar lalu lama-lama bergumpal seperti darah menstruasi (menurut saya). Tapi ini belum waktunya saya untuk datang bulan. Itu kenapa ya??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang VM,

Perdarahan setelah berhubungan seksual adalah keluhan yang bisa terjadi karena beberapa hal, baik karena masalah di organ reproduksi ataupun bisa karena hal lain selama melakukan hubungan seksual. Beberapa penyebabnya adalah:

  • Vagina yang kering karena pelumas alami yang tidak banyak
  • Belum benar-benar terangsang karena kurang pemanasan atau foreplay 
  • Luka akibat gesekan selama melakukan hubungan seksual
  • Adanya masalah pada organ reproduksi seperti adanya polip rahim, adanya peradangan pada vagina atau leher rahim

Untuk itu upayakan melakukan pemanasan atau foreplay lebih lama sebelum berhubungan, mengkomunikasikan pada pasangan jika mengalami rasa nyeri ataupun kesulitan saat melakukan penetrasi. Selain itu bisa gunakan pelumas atau lubricant gel tambahan.

Jika perdarahan deras seperti menstruasi sampai perlu menggunakan pembalut, maka bisa merupakan perdarahan menstruasi. Perubahan siklus menstruasi sendiri bisa juga dipicu oleh masalah hormonal akibat gaya hidup ataupun masalah pada organ reproduksi.

Jika perdarahan terjadi cukup banyak dan bisa berlangsung lebih dari 7 hari, maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan. Perhatikan juga apakah sering mengalami masalah siklus menstruasi sebelumnya atau pernah mengalami flek atau perdarahan di luar siklus menstruasi

Nantinya akan dilakuakn pemeriksaan dan penanganan, salah satunya diberikan pengobatan untuk menghentikan perdarahan dengan obat yang sifatnya hormonal ataupun non-homonal. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh VM
17 May 2020, 22:02
Terimakasih untuk responnya dok, Jadi dok lebih baik saya lihat selama 7 hari kedepan ya dok apa masih keluar atau sudah tidak keluar (tidak perlu priksa)?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
18 May 2020, 11:19
Selamat siang VM.
Bila dalam 7 hari tidak keluar lagi, dan dirasa tidak ada keluhan lain yang menyertai maka tidak perlu memeriksakan diri. Namun, bila lebih dari 7 hari dan atau ada keluhan lain yang menyertai sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan. Pastikan Anda tetap mengonsumsi makanan bergizi dan mencukupi kebutuhan cairan harian serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.
Terima kasih
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mendesah dapat meningkatkan kualitas hubungan seksual

Ini Manfaat Mendesah saat Berhubungan Intim

Mendesah ternyata bermanfaat untuk meningkatkan gairah dalam hubungan seksual, Meski demikian, ada juga dampak buruk yang bisa disebabkan oleh desahan. Apa saja manfaat dan dampak buruk dari mendesah?