Berhubungan intim ketika telat haid, apakah bisa terjadi kahamilan?

VA Info Penanya: VA, Pria, 1 Tahun
saya berhubungan intim dengan istri saya, saat istri saya telat haidistri saya haid tanggal 3 september, tanggal 5 nya saya berhubungan intim.dan setelah jelang 1 minggu, perut istri saya sakit dan mual2, apa itu pertanda bahwa istri saya hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, V

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kehamilan terjadi ketika ada sel telur yang bertemu dengan sel sperma pria dan terjadi pembuahan. Untuk itu perlunya dilakukan hubungan ketika wanita sedang dalam masa subur dengan pria melakukan ejakulasi di dalam vagina. Cara untuk mengetahui masa subur adalah dengan mengetahui siklus haid terlebih dahulu. Siklus haid normal pada wanita berkisar antara 21 - 35 hari, dan rata-wata wanita bersiklus 28 hari. Jika siklus haid 28 hari, masa subur terletak sekitar 2 minggu sebelum haid kembali.

Terlambatnya siklus haid, salah satunya memang bisa disebabkan kerena kehamilan. Namun, adanya ketidak seimbangan hormon, stres dan kelelahan, efek samping dari penggunaan KB dan adanya kondisi medis lain pada organ reproduksi seorang wanita juga dapat menyebabkan siklus haid menjadi terlambat atau tidak teratur.

Terkait dengan pertanyaan Anda, apabila hubungan seksual dilakukan saat siklus haid mengalami keterlambatan, maka bisa saja terjadi kehamilan terlebih bila dilakukan ejakulasi di dalam vagina. Hal ini dikarenakan, bisa saja saat melakukan hubungan seksual, istri Anda sedang dalam masa suburnya. Keluhan mual, muntah, perut tidak nyaman, pusing, mudah lelah, dan lain sebagainya bukan merupakan tanda pasti dari kehamilan. 

Tanda pasti dari kehamilan, di antaranya adalah:

Untuk itu, alangkah baiknya bila istri Anda melakukan tes kehamilan atau melakukan pemeriksaan ke dokter sepsialis kandungan terdekat untuk memastikan adanya kehamilan.

Tetap konsumsi makanan bergizi, hindari stres dan kelelahan, serta beristirahat dengan cukup.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sperma keluar di luar masih bisa membuat hamil

Sperma Dikeluarkan di Luar Masih Bisa Bikin Hamil, Kok Bisa?

Sperma keluar di luar tidak menjamin pasangan tidak akan hamil. Ada beberapa hal yang menyebabkannya, seperti telat mencabut penis dan lokasi mengeluarkan sperma yang masih terlalu dekat dengan vagina.