Berhubungan tetapi sperma dikeluarkan di luar, apakah bisa hamil?

RD Info Penanya: RD, Wanita, 18 Tahun
Halo dok.. saya ingin bertanya, kemarin saya menstruasi tgl 19 Februari, setelah itu saya berhubungan di tgl 2 Maret dan 15 Maret tapi spermanya dikeluarkan di luar. Apakah saya bisa hamil ? Ataukah telat datang bulan? Sampai skrng tgl 21 belum datang bulan. Terima kasih dokter.. mohon dijawab
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RD.

Saat berhubungan seks, pengeluaran sperma dari alat reproduksi pria disebut dengan proses ejakulasi. Setelah terjadinya ejakulasi, sperma yang dikeluarkan di dalam organ reproduksi wanita akan berjalan masuk dan menemui sel telur, pada saat pertemuan itulah terjadinya pembuahan yang menghasilkan bakal janin atau zigot, yang kemudian akan menempel pada dinding rahim (implantasi) dan terjadilah kehamilan.

Terkait dengan pertanyaan Anda, ejakulasi yang dilakukan diluar alat reproduksi wanita, tidak dapat memastikan seorang wanita tidak akan hamil karena terdapat cairan pra-ejalukasi yang dapat mengandung sperma dan dapat keluar saat melakukan hubungan seks tanpa disaradari oleh kedua belah pihak.

Maka untuk keluhan keterlambatan haid Anda, ada baiknya Anda melakukan test pack terlebih dahulu untuk memastikan. Dan dapat dilakukan kembali satu minggu kemudian, apabila hasil yang dilakukan saat ini negatif atau samar. Hal tersebut terkait dengan hormon kehamilan yang mungkin masih rendah kadarnya pada Anda. 

Namun demikian jika hasil kedua test pack yang dilakukan selang seminggu tersebut hasilnya tetap negatif, mungkin keterlambatan haid yang Anda alami disebabkan oleh faktor lainnya seperti :

  • gangguan keseimbangan hormon
  • stres dan keadaan emosi yang tidak stabil
  • kelelahan
  • berat badan yang tidak normal
  • pola makan tertentu
  • program latihan tertentu
  • kondisi medis dan penyakit tertentu yang berbuhungan dengan organ reproduksi dan hormon

Untuk memastikan Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter Spesialis Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cairan yang keluar sebelum sperma, memiliki tekstur yang berbeda dari sperma, namun bisa sebabkan kehamilan.

Cairan yang Keluar Sebelum Sperma Bisa Bikin Hamil, Benarkah Demikian?

Cairan yang keluar sebelum sperma bisa bikin hamil? Mungkin, pertanyaan ini selalu muncul di benak pasangan suami-istri, yang berhubungan intim, tanpa pengaman alias kondom. Berikut adalah penjelasan ilmiah mengenai cairan yang keluar sebelum sperma.