04 Oct 2021, 23:05Kandungan

Kapan bisa hubungan intim setelah suntik KB?

SK
Info Penanya: SK, Wanita, 26 Tahun
Selamat malam, dok saya baru pertama kali menggunakan suntik kb yg 1bln, tapi pas melakukan suntik kb saya sudah lewat masa subur. Apakah boleh setelah suntik kb langsung berhubungan dengan suami atau harus tunggu jangka waktu brp hari??
115 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, STerima kasih atas pertanyaannya. Suntik KB adalah kontrasepsi yang memasukkan hormon dimana hormon akan bekerja dalam mencegah kehamilan.  Suntik KB ini memiliki efek 98-99% dalam mencegah kehamilan ketika digunakan dengan benar sesuai aturan.  Masa subur wanita itu sendiri terkadang dapat maju dan mundur tergantung siklus haid sehingga perkiraan dapat meleset untuk itu bila suntik KB saat sedang tidak haid maka sebaiknya tunda 5-7 hari setelah suntik baru berhubungan intim atau jika ingin langsung bisa pakai kondom dulu untuk mencegah terjadinya kehamilan karena efek kerja KB yang belum maksimal. 

Tips menjaga agar suntik KB tidak kebobolan :

  • Pastikan selalu tepat jadwal waktu suntik, hindari telat suntik karena dapat mengurangi efektivitas kerja KB yang mana meningkatkan potensi kehamilan. 
  • Menggunakan kontrasepsi ganda atau tunda hubungan selama kurang lebih 7 hari pasca suntik KB.  
Catat jadwal suntik selanjutnya di kalender, handphone dan beritahu suami agar tidak sampai telat suntik.  Lalu perlu dipahami adanya efek samping KB berupa gangguan pada siklus haid, perdarahan di luar siklus, peningkatan berat badan, serta sering sakit kepala.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
hubungan seksualpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil