07 Jan 2021, 13:20Kandungan

Apakah cairan pra ejakulasi dapat menyebabkan hamil ?

PK
Info Penanya: PK0
Permisi dokter, izin bertanya. Apakah cairan pra ejakulasi bisa mengakibatkan kehamilan(dalam kondisi h+1 setelah menstruasi) terimakasih banyak dokter
218 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, Py.Saat laki-laki dan perempuan melakukan hubungan seksual, baik dengan diikuti ejakluasi di dalam vagina maupun di luar vagina, cairan pra ejakulasi yang keluar dari penis dapat menyebabkan terjadinya pembuahan sehingga menimbulkan kehamilan, terlebih jika laki-laki dan perempuan sama-sama tidak meggunakan alat kontrasepsi. Kemungkinan kehamilan akan lebih besar jika hubungan seksual dilakukan saat perempuan sedang dalam masa ovulasi.

Apakah cairan pra ejakulasi dapat menyebabkan hamil ?

Proses menstruasi terjadi jika tidak ada sel sperma yang membuahi sel telur. Setelah proses menstruasi selesai, maka tubuh akan mempersiapkan diri untuk ovulasi kembali. Masa ovulasi atau yang disebut dengan masa subur ini terjadi sekitar 14 hari sebeum menstruasi datang. Namun tidak menutup kemungkinan ovulasi terjadi lebih cepat dari waktu seharusnya.Jadi jika Anda dan pasangan melakukan hubungan seksual sehari setelah menstruasi kemudian pasangan Anda telat datang bulan lebih dari siklus menstruasi normal yang biasanya dia alami, segera lakukan test pack. Anda juga dapat membawa pasangan untuk konsultasi bersama dokter spesialis kandungan.

Apa jenis alat kontrasepsi yang dapat dipilih ?

Saat Anda dan pasangan belum siap untuk mendapatkan keturunan, sebaiknya Anda dan pasangan meggunakan alat kontrasepsi. Banyak alat kontrasepsi yang efektif dalam mencegah kehamilan. Alat kontrasepsi yang dapat dipilih berupa alat kontrasepsi hormonal seperti Pil KB, KB suntik, implan, dan alat kontrasepsi non hormonal seperti IUD dan kondom.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilanmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil