14 Dec 2020, 12:30Kandungan

Apakah hamil ketika berhubungan setelah minum pil KB?

TN
Info Penanya: TN0
dok kan saya baru pakai kb. setelah beres haid saya minum kb andal*n. kurang lebih setelah satu minggu saya minum kb lalu berhubungan badan didalam. kira kira saya hamil ga dok?
1159 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, TNTerima kasih atas pertanyaannya.Pil KB adalah jenis kontrasepsi yang berfungsi mencegah kehamilan hingga 95% dengan pemakaian teratur dan sesuai anjuran.  Pil KB ada yang mengandung kombinasi hormon sintentik estrogen dan progestin serta ada yang hanya mengandung progestin saja.  Pil yang hanya mengandung progestin biasanya digunakan untuk ibu menyusui karena tidak menganggu produksi ASI. Hormon dalam pil KB berfungsi untuk menghambat sperma masuk ke rahim, menghambat pelepasan sel telur, serta mencegah sel telur yang terlanjut terbuahi untuk menempel pada dinding rahim.  Pil KB memiliki efek samping yang mungkin akan dirasakan pada beberapa wanita.

Efek samping pil KB :

  • Gangguan siklus haid.
  • Payudara yang lebih sensitif.
  • Perdarahan di luar siklus.
  • Peningkatan berat badan.
  • Mual
  • Gangguan pencernaan.
  • Perubahan suasana hati.
Perihal yang anda tanyakan, prinsip menggunakan pil KB adalah teratur minum setiap hari tanpa ada yang terlewat.  Apabila tidak teratur dalam minum pil KB maka akan menurunkan efektivitas dalam mencegah kehamilan.  Agar lebih mudah dalam minum pil KB, jadwalkan di jam dan waktu yang sama misal jam 10 pagi setiap hari akan membuat anda lebih teratur dalam konsumsi pil KB.  Apabila anda minum pil KB setelah selesai haid memang diperlukan kontrasepsi ganda seperti kondom dalam 7 hari  setelah minum pil KB agar pil dapat bekerja maksimal.  Setelah kurang lebih seminggu, pil KB sudah bekerja dan dapat mencegah kehamilan ketika berhubungan tanpa pengaman.  Konsultasi dengan bidan atau dokter di fasilitas kesehatan perihal penggunaan kontrasepsi yang benar serta risikonya.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kehamilanpenggunaan kbkontrasepsikeluarga berencana
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil