Berhubungan badan saat hamil 2 bulan, apakah berbahaya bagi calon anak saya?

CW Info Penanya: CW, Pria, 2019 Tahun
dokter saya mau bertanya,, istri saya hamil 2 bulan , saat itu saya berhubungan badan saat hamil 2 bulan apakah berbahaya pada calon anak saya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, CW

Terima kasih atas pertanyaannya.

Selama hamil tidak ada larangan untuk tetap berhubungan seksual. Karena bayi Anda dilindungi oleh kantung yang berisi cairan ketuban dan otot-otot rahim yang kuat. Kemudian mulut rahim dilapisi lendir pekat untuk mencegah infeksi. Jadi biasanya cukup aman untuk bayi Anda. Pada saat ibu hamil mengalami orgasme kemungkinan bayinya akan bergerak-gerak karena bereaksi terhadap debar jantung yang makin cepat. Jadi masih tidak perlu khawatir karena bayinya juga tetap nyaman di dalam rahim. 

Kecuali bila pernah ada perdarahan atau spotting di awal kehamilan. Sebaiknya hindari berhubungan sampai usia kandungan 14 minggu atau sesudah trimester pertama. Kondisi berat yang dilarang untuk berhubungan selama kehamilan adalah bila ada riwayat kelemahan serviks (pintu rahim), plasenta letak rendah, infeksi vagina dan perdarahan berat. Bila Anda khawatir, silahkan kontrol dengan Dokter Obgyn istri Anda untuk pemeriksaan keadaan janin Anda. Anda dapat membaca artikel mengenai mitos pada kehamilan untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Umumnya, kebutuhan vitamin ibu hamil lebih tinggi dibanding mereka yang sedang tidak menjalani kehamilan.

Berbagai Vitamin Ibu Hamil, Mulai dari Asam Folat Hingga Kalsium

Vitamin ibu hamil tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Semua harus sesuai takaran dan seimbang.