Kapan berhubungan badan kembali setelah keguguran?

GA Info Penanya: GA
Saya mau tanya dok kapan ya saya bisa berhubungan badan kembali setelah saya keguguran di usia kehamilan 8bln? Apakah harus menunggu 40hari juga? Saya keguguran tanggal 18maret dok.... terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi GA,

Keguguran di usia kehamilan 8 bulan tentunya sangat menyakitkan dan menimbulkan kesedihan yang mendalam, sehingga selain pemulihan kondisi fisik, diperlukan juga pemulihan dari segi psikologisnya, agar kehamilan berikutnya jangan sampai terjadi keguguran berulang.

Untuk jangka waktu berapa lama boleh berhubungan seksual kembali, maka selepas masa nifas 40 hari sudah boleh berhubungan seksual, namun sebaiknya tetap menggunakan alat kontrasepsi seperti pil KB, suntik KB, atau pakai kondom dan hindari berhubungan seksual di masa subur Anda.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya agar Anda tidak segera hamil lagi, karena rahim butuh proses pemulihan sebelum Anda siap hamil kembali. Sebaiknya proses kehamilan dilakukan dengan jarak 3-6 bulan setelah keguguran.

Selama masa-masa menunggu kehamilan berikutnya, Anda bisa melakukan persiapan dengan cara :

  • Perbanyak asupan sayur dan buah, terutama kacang-kacangan, asam folat, omega 3.
  • Perbanyak asupan ikan, daging, telur.
  • Hindari makanan kaleng, daging olahan seperti sosis.
  • Olahraga secara teratur.
  • Jangan stres.

Hal di atas dilakukan sebagai upaya agar sel telur bisa berkualitas baik sehingga mengurangi risiko untuk keguguran berulang. Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk memastikan kondisi organ reproduksi Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketahui posisi tidur Ibu hamil muda yang tepat agar waktu tidur lebih berkualitas

Posisi Tidur Ibu Hamil Muda yang Tepat dan Nyaman

Kurang tidur dapat meningkatkan risiko preeklamsia dan tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Beberapa posisi tidur ini sangat ideal bagi ibu hamil dan dapat meningkatkan kualitas tidur ibu hamil.