Berhubungan badan dulu baru KB apakah tetap hamil?

A Info Penanya: A
Dok, bulan kemarin saya masih kb suntik 1 bln, dan saya haid tgl 23 Desember setelah selesai saya berhubungan badan dengan suami (belum sempat kb) dan sorenya saya baru kb, apakah saya tetap bisa hamil dok? Terima kasih dok sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

KB adalah metode kontrasepsi yang dilakukan bila pasangan ingin menunda kehamilan atau untuk sementara waktu tidak ingin menambah momongan.

Kehamilan akan terjadi bila Anda berhubungan seksual di masa subur. Masa subur ini bisa diperkirakan sekitar hari ke 12 sampai ke 16 dihitung sejak awal haid bulan sebelumnya. Bila berhubungan di masa ini maka kemungkinan untuk terjadinya kehamilan akan lebih besar.

Namun bila Anda dan pasangan berhubungan seksual langsung keesokan harinya setelah selesai haid, maka tidak mungkin hamil, karena itu bukan masa subur Anda. Namun karena siklus haid seorang wanita bisa berubah-ubah, sebaiknya Anda tetap menggunakan kondom ketika berhubungan seksual bila Anda belum KB. Karena untuk KB pun butuh beberapa hari untuk bekerja atau bereaksi, biasanya berkisar 1 minggu. Jadi selama 1 minggu tersebut sebaiknya Anda menghindari berhubungan seksual atau gunakan kondom untuk mencegah kehamilan. Karena metode kontrasepsi apapun yang Anda pilih, ada kemungkinan gagalnya beberapa persen sehingga ada kemungkinan untuk tetap bisa hamil.

Bila Anda ingin beralih ke metode kontrasepsi yang lain, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Salam sehat, 

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Linea nigra pada perut ibu hamil akan semakin tampak jelas seiring dengan membesarnya perut

Linea Nigra, Si Garis Hitam Teman Kehamilan Anda

Munculnya linea nigra saat kehamilan bertambah besar adalah hal yang sepenuhnya normal.