Apa bisa hamil bila berhubungan seksual di luar masa subur?

D Info Penanya: D, Wanita
sy tgl 10 tes ovulasi dan hasilnya positif dengan garis kedua sampai berwarna hitam dok. dan saya pada tgl 2 malam berhububgan dgn suami dan keluar di luar. jauh saat sebelum ejakulasi. apakah mungkin saya hamil dok? karena sy berhubungan di luar masa subur saya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi D,

Masa ovulasi adalah masa di mana sel telur dilepaskan dan siap dibuahi oleh sperma. Bila berhubungan seksual di masa subur maka kemungkinan untuk terjadinya kehamilan sangat besar.

Tes ovulasi adalah pemeriksaan sederhana menggunakan urin yang menyerupai tes pack untuk kehamilan, namun bedanya pada tes ovulasi ini menggunakan urin saat siang hingga sore hari sekitar jam 11.00-16.00. Bila tampak 2 garis gelap maka artinya Anda sedang mengalami masa ovulasi.

Masa subur ini berupa rentang waktu, bukan hanya 1 hari saja, sehingga seringkali masa subur dianggap sekitar 12-16 hari sebelum hari pertama haid bulan berikutnya. Hal ini dengan catatan Anda memiliki siklus haid setiap 28 hari sekali. Rentang waktu tersebut diperlukan karena sperma memiliki ketahanan hidup hingga 5 hari di dalam vagina, serta pelepasan sel telur yang tidak dapat diprediksi.

Perihal Anda yang berhubungan seksual 8 hari sebelum masa ovulasi, maka kemungkinan kecil terjadi kehamilan. Namun tetap diperlukan tes pack bila sampai nantinya Anda mengalami terlambat haid.

Bila Anda dan pasangan memang belum siap memiliki momongan, maka sebaiknya gunakan kondom atau KB untuk mencegah kehamilan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hamil setelah 2 bulan sesar memiliki risiko yang cukup tinggi

Bisakah Hamil Setelah 2 Bulan Sesar? Ini Penjelasannya

Beberapa minggu setelah melahirkan dengan operasi sesar, Anda mungkin mulai dapat berhubungan intim kembali. Namun, terdapat pertanyaan bisakah hamil setelah 2 bulan sesar?