Setelah berhubungan intim lalu haid apakah hamil?

N Info Penanya: N
Halo dok, saya ingin bertanya. Jadi 4 hari sebelum saya haid saya berhubungan bersama suami saya, tepat nya tanggal 20 saya berhubungan dan di keluar kan di dalam lalu di tanggal 24 nya saya haid, apakah itu bisa menyebabkan hamil? Terima kasih dok mohon penjelasan nya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, N.

 

Selamat siang YT,

Kehamilan merupakan proses bertemunya sel sperma dan sel telur di saluran tuba falopi. Ketika sel telur atau ovum sudah siap untuk dibuahi (ovulasi) dan seorang wanita melakukan hubungan seksual, saat itu juga sel sperma yang masuk melalui vagina akan berenang menuju sel telur, sehingga terjadilah proses pembuahan. Hal ini ditandai dengan perubahan hormonal pada tubuh wanita yang membuat dirinya tidak menstruasi. 

Terkait dengan pertanyaan Anda apabila setelah berhubungan intim lalu pasangan Anda mengalami menstruasi berarti tidak terjadi kehamilan.

Apabila ingin segera cepat hamil, perlu melakukan hubungan seksual saat masa subur dan lakukan tindakan pendukung lain seperti menjaga kesehatan dan mengonsumsi makanan yang bernutrisi untuk membantu meningkatkan kesuburan.

Apabila belum ingin memiliki keturunan atau belum siap hamil, maka sebaiknya Anda menggunakan kontrasepsi untuk mencegah kehamilan.

Tetapi upayakan menggunakan kontrasepsi yang tidak mengganggu kesuburan kedepannya seperti:

  • Menggunakan Pil KB
  • Menggunakan Kondom
  • IUD

Perhatikan juga kesehatan organ intim agar terhindar dari bahaya penyakit menular seksual ataupun masalah lain yang bisa berpengaruh pada kesehatan organ intim. Jika Anda merasa kawatir dan tidak yakin silahkan periksakan diri ke dokter spesialis kandungan untuk usg ya.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara alami seperti berolahraga, orgasme, jahe, atau tanaman adas dapat membantu menghentikan haid yang berkepanjangan

5 Cara Menghentikan Haid yang Berkepanjangan, Wanita Wajib Tahu

Periode haid umumnya berlangsung selama 2-7 hari. Jika periode berlangsung lebih lama atau menimbulkan nyeri yang berlebihan, ada cara alami yang dapat dilakukan untuk membantu memperpendek periode haid seperti berolahraga, orgasme, jahe, atau tanaman adas yang terbukti mengandung analgesik dan antiperadangan.