Berhubungan di masa subur tapi buang di luar apa bisa hamil?

R Info Penanya: R
Dok saya mau tanya, saya berhubungan di masa subur 2 kali, tapi buang di luar, apakah bisa hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi R,

Berhubungan seksual di masa subur tentu besar kemungkinan untuk terjadinya kehamilan, karena di saat ini sel telur dilepaskan dan siap dibuahi oleh sperma. Terlebih sperma memiliki kemampuan bertahan hidup di dalam vagina hingga 5 hari.

Perlu diketahui bahwa cairan pra ejakulasi sudah mengandung sperma itu artinya masih tetap ada kemungkinan terjadinya kehamilan meskipun ejakulasi dilakukan di luar. Terlebih bila berhubungan seksual di masa subur. Namun kemungkinan terjadinya kehamilan memang lebih kecil bila dibanding dengan ejakulasi dilakukan di dalam vagina, tapi bukan tidak mungkin terjadi kehamilan.

Karena tetap ada kemungkinan terjadi kehamilan, maka bila sampai pasangan Anda terlambat haid, maka pasangan Anda perlu melakukan tes pack saat sudah 7-10 hari terlambat haid. Bila tes pack dilakukan terlalu awal, maka hasilnya kurang akurat, bisa saja seolah-olah tampaknya negatif padahal hal tersebut bisa saja terjadi karena hormon kehamilan belum banyak di urin sehingga belum terdeteksi positif.

Bila hasilnya 2 garis namun satunya masih samar atau berwarna lebih muda, maka sebaiknya tes pack diulang jarak 1 minggu kemudian dari hasil tes pack yang pertama untuk konfirmasi hasilnya.

Bila hasilnya memang benar negatif, maka sebaiknya gunakan kondom atau KB untuk mencegah kehamilan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makanan sehat untuk ibu hamil bisa berupa camilan dari buah dan sayur

Ini Inspirasi Makanan Sehat untuk Ibu Hamil sebagai Camilan

Kebiasaan ngemil mungkin membuat beberapa ibu hamil cemas, karena takut mengganggu kesehatan janinnya. Padahal, tetap ada pilihan camilan makanan sehat untuk ibu hamil.