Berhubungan 2 hari setelah haid selesai, apakah bisa menyebabkan kehamilan?

DJ Info Penanya: DJ, Wanita, 21 Tahun
selamat malam dok.saya mau tanya tentang kehamilan. jika hari terakhir haid kita ditanggal 05 oktober 2018 lalu kita berhubungan badan sehari atau dua hari nya bisakah menyebabkan kehamilan walaupun keluarnya sperma tidak di dalam ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, DJ

Bagaimana kehamilan bisa terjadi, ditentukan oleh banyak faktor. Sperma harus mencapai sel telur yang matang agar bisa terjadi pembuahan, kemudian hasil sel telur yang telah dibuahi akan menempel pada dinding rahim untuk berkembang menjadi janin. 

Disitulah peran siklus haid, pada saat keluar darah menstruasi terjadi peluruhan dinding rahim yang tidak ditempel oleh sel telur yang dibuahi. Setelah itu akan dipersiapkan dinding rahim yang baru untuk dibuahi. Sel telur memerlukan waktu untuk pematangan dan kemudian dilepas indung telur ke dalam saluran tuba fallopii tempat pertemuan sel telur dengan sperma. Pelepasan sel telur tersebut disebut masa subur. Pada saat masa subur, kondisi dalam rahim serta organ genitalia wanita sangat kondusif untuk sel sperma dapat membuahi sel telur. Dan tetap membutuhkan sel sperma dalam jumlah besar dan gerakan aktif agar dapat mencapai sel telur.

Jadi kemungkinannya anda pada saat berhubungan, belum dalam masa subur. Masa subur terjadi sekitar 2 minggu sebelum keluar haid (pada siklus normal 28 hari). Kemudian sperma yang dikeluarkan diluar sehingga tidak memenuhi kriteria untuk terjadinya pembuahan. Jadi kemungkinannya sangat kecil. Jika siklus berikutnya anda telat lebih dari 1 minggu, anda bisa melakukan pemeriksaan test pack. Untuk lebih pastinya bisa juga memeriksakan diri ke Dokter untuk pemeriksaan USG.

Saya lampirkan artikel Cara Mengetahui Masa Subur untuk Merencanakan Kehamilan untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

PCOS dipicu ketidakseimbangan hormon sehingga wanita sulit hamil dan memiliki keturunan

Yuk, Atur Strategi Makanan untuk PCOS Agar Cepat Hamil

Penderita PCOS perlu mengatur pola makan untuk mengurangi dampak sulit hamil. Makanan untuk PCOS agar cepat hamil harus kaya serat dan hindari pemicu naiknya kadar insulin dalam tubuh.