Berhubungan 6 hari setelah suntik KB, apakah bisa hamil?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 23 Tahun
Dok, saya suntik kb 3 bulan tgl 2 juli tgl 8 juli berhubungan sama suami tp di keluarkan di luar... Apakah bisa hamil? Krn ini saya kb suntik uti pertama kalinya... Trimakasih utk jawabannya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SU.

Suntik adalah salah satu metode kontrasepsi yang lazim digunakan untuk program KB (Keluarga Berencana). Suntik tergolong praktis, karena hanya harus dilakukan setiap 1 atau 3 bulan. Selain itu, tindakannya pun bukan dengan memasukkan sesuatu ke tubuh seperti implan atau IUD.

Efek Samping Suntik

Tetapi, suntik juga memiliki kekurangan. Karena suntik mengandung hormon, maka produksi hormon alami tubuh tentunya akan berubah. Beberapa efek yang akan dirasakan tubuh adalah:

  • Tidak teraturnya siklus menstruasi, bisa memendek, memanjang, atau bahkan berhenti
  • Perubahan nafsu makan yang menyebabkan kenaikan berat badan
  • Emosi yang berubah-ubah
  • Rasa nyeri pada payudara dan bagian tubuh lainnya
  • Cairan vagina yang keluar semakin banyak

Terkait pertanyaan Anda, suntik akan efektif 14 hari setelah dilakukan. Jadi, jika Anda melakukan suntik tanggal 2 Juli, maka sebaiknya sampai tanggal 16 Juli Anda melakukan hubungan dengan kontrasepsi tambahan, seperti kondom.

Tetapi, jika sudah terlanjur berhubungan pada tanggal 8 Juli, maka ada kemungkinan hamil. Sekalipun ejakulasi dilakukan di luar, tetapi masih ada sperma yang terkandung cairan semen yang bisa membuahi sel telur. Oleh karena itu, jika nantinya terlambat haid, lakukan testpack dulu, ya. Jika negatif, barulah Anda dapat melakukan jadwal suntik berikutnya.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Untuk mengetahui apakah terminasi kehamilan perlu dilakukan, tentu membutuhkan pemeriksaan secara berkala dengan dokter spesialis kandungan

Kapan Terminasi Kehamilan Boleh Dilakukan?

Terminasi kehamilan adalah pilihan untuk menghentikan kehamilan demi menyelamatkan nyawa ibu dan janin. Terminasi kehamilan hanya boleh dilakukan jika ada kasus medis yang benar-benar berat dan dilakukan oleh tenaga medis profesional.