Berhubungan intim apa bisa langsung hamil?

IA Info Penanya: IA
Halo dok saya mau bertanya kemarin tepatnya hari Kamis saya berhubungan intim dengan pacar saya pas berhubungan intim tidak terjadi apa apa tapi pas pacar saya mandi malem nya keluar darah apakah tanda tanda kehamilan atau apa do
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IA,

Berhubungan intim adalah cara untuk mendapatkan momongan, selain untuk menjalin rumah tangga yang harmonis. Namun sekarang ini berhubungan intim seringkali disalahgunakan dan hanya dilakukan untuk kesenangan belaka, dan berdampak ketakutan akan terjadinya kehamilan bila dilakukan oleh pasangan yang belum menikah.

Perihal darah yang keluar setelah berhubungan intim bisa saja disebabkan oleh:

  • Iritasi serviks. Biasanya terjadi bila penentrasi penis terlalu dalam.
  • Robeknya selaput dara bila pacar Anda masih perawan.
  • Ada bagian vagina yang lecet misal berhubungan seksual dilakukan dengan foreplay yang kurang lama.
  • Waktunya haid.

Perihal darah tanda kehamilan disebut dengan darah implantasi biasanya muncul pada hari ke 6 sampai 12 hari setelah berhubungan seksual. Jadi jelas bila darah keluar di hari yang sama dengan hari saat berhubungan seksual, maka darah tersebut bukan darah implantasi. Namun bukan berarti tidak mungkin hamil, bisa saja hamil namun flek darahnya belum waktunya keluar.

Sebaiknya hindari berhubungan seksual bila belum menikah, agar tidak terjadi kehamilan dan infeksi menular seksual. Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila darah yang keluar banyak atau lakukan tes pack bila pacar Anda sampai terlambat haid.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

RIsiko kehamilan saat Anda berusia di atas 35 tahun ke atas memang lebih besar, tapi tak perlu ditakutkan.

Meghan Markle Melahirkan, Hamil di Atas Usia 35 Tahun Bisa Tetap Sehat

Jika seorang wanita hamil saat berusia di atas 35 tahun, maka kondisi tersebut bisa disebut sebagai kehamilan risiko tinggi. Meski begitu, kehamilan tetap bisa dijalani dengan sehat asalkan ibu menjalani pola hidup sehat.