12 Aug 2021, 18:33Kandungan

Belum haid padahal sudah berhentik suntik KB, hamil atau tidak ?

AW
Info Penanya: AW0
Malam dok, saya mau tanya nih, saya udah berhenti suntik KB mulai januari 2020, selang waktu itu haid normal, nah pas bulan juli 2021 hingga sekarang saya masih belum haid-haid juga, di tespek hasilnya negatif, Kenapa ya dok ? Terimakasih
126 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, A.Suntik KB dapat dipilih wanita baik setiap 1 bulan sekali atau per 3 bulan untuk mencegah terjadinya kehamilan. Suntik KB akan efektif jika dilakukan dengan benar dan tidak telat untuk suntik KB ulang.

Apa yang menyebabkan belum haid padahal sudah berhentik suntik KB ?

Anda yang belum haid dari bulan Juli 2021 hingga saat ini dimana Anda sudah berhenti suntik KB mulai Januari 2020 dan setelah berhentik suntik KB, haid dengan normal, dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Anda sedang hamil dimana sebelumnya melakukan hubungan seksual tepat saat Anda ovulasi. Test pack negatif dikarenakan hormon hCG belum terlalu meningkat sehingga tidak terdeteksi di urin. Selain itu dapat pula terjadi akibat alat test pack yang kurang sensitif.
  • Siklus haid terganggu menjadi lebih panjang akibat beberapa penyakit seperti PCOS, infeksi saluran tuba, kista ovarium, mioma uteri, endometriosis.
  • Berat badan yang tidak stabil, diet yang tidak sehat, kurang istirahat, stress, akan mengganggu kerja hormon.
Anda dapat memastikan kehamilan dengan test pack kembali. Pastikan alat test pack baik, cara penggunaan benar, tes dilakukan saat pagi hari. Jika hasil test pack Anda samar, Anda ragu dengan hasil yang ada, Anda dapat melakukan USG di dokter spesialis kandungan. Jalani hidup yang lebih sehat untuk hormon stabil. Saat hormon stabil maka haid menjadi lancar kembali.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilanmerencanakan kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil