Berhenti Merokok

ML Info Penanya: ML, Pria, 2019 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya saya sempat jadi perokok selama 2 tahun (2017-2018). Namun saat pertengahan 2019, saya berhenti dengan tekad yang kuat pada tanggal 24 Juni 2019. sudah hampir 2 minggu, saya tidak merokok. saya mengabaikan depresi saya dan kemauan merokok saya. tetapI kini mulut saya menjadi kering dan tidak ada air liurnya? kira-kira apa yang harus saya lakukan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi MLT,

Saya mengapresiasi kemauan anda untuk berhenti merokok. Berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk berhenti merokok :

  1. Membaca artikel mengenai bahaya merokok terhadap kesehatan diri sendiri dan orang lain
  2. Menanamkan ke diri sendiri dengan tekad yang kuat bahwa saya ingin berhenti merokok setiap harinya. Ini perlu kontrol diri dan disiplin yang kuat!
  3. Mencari teman sesama perokok yang juga ingin berhenti merokok lalu membentuk grup pendukung (support group). Dalam grup tersebut ada mantan perokok yang benar-benar sudah berhenti merokok sebagai pengontrol. Tujuan grup ini untuk saling mendukung berhenti merokok
  4. Hindari stress atau faktor pencetus merokok dengan mencari kesibukan
  5. Melatih teknik relaksasi seperti yoga
  6. Mencoba Nicotine Replacement Therapy (Terapi Pengganti Nikotin/rokok) misalnya nicotine gum, nicotine patch
  7. Bisa mnghubungi Quit Line Berhenti Merokok dari Kementrian Kesehatan di 0-800-177-6565 pada hari Senin-Sabtu pukul 08.00 s.d 16.00 WIB (mereka punya program berhenti merokok)

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Jeng Yuliana

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit paru-paru dapat dengan mudah menyerang jika Anda adalah seorang perokok aktif

Ciri-Ciri Penyakit Paru-Paru, Akrab dengan Perokok Aktif

Seorang perokok aktif yang terkena penyakit paru-paru biasanya memiliki kesulitan untuk bernapas akibat paparan asap rokok yang berlangsung lama. Penderita penyakit paru obstruktif kronis bahkan memiliki keterbatasan untuk menghirup udara yang masuk ke dalam paru-paru secara tidak optimal.