KB suntik berhenti lalu haid dua kali, apakah wajar ?

AA Info Penanya: AA
dok saya umr 27thn saya biasanya suntik kb 1bln fan haid lancar tiap bulannya .tapi bulan ini sya tidak suntik kb..dan tgl 21 kemrin hri terakhir haid saya...tapi hari ini tgl 30 sya kok haid lagi ya dok..kira2 wajar apa tidak ya dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, AAS.

KB suntik adalah salah satu jenis alat kontrasespsi hormonal yang diberikan dengan metode penyuntikan di bagian tubuh tertentu pada wanita. Tingkat keberhasilan KB suntik pun tinggi yakni lebih dari 99% apabila penggunaannya sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan. KB suntik terbagi menjadi dua tipe yakni periode satu bulan dan tiga bulan.

Kendati dinilai praktis karena dilakukan hanya sebulan atau tiga bulan sekali, tidak ada KB yang sempurna, seperti jenis KB lainnya, KB suntik memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri.

Adapun kekurangan dari KB suntik, diantaranya adalah :

  • mengakibatkan siklus menstruasi menjadi yang tidak teratur, baik, lebih banyak atau lebih sering maupun tidak sama sekali
  • memicu kenaikan berat badan
  • mengakibatkan kepadatan tulang berkurang selama penggunaan KB suntik
  • dapat menimbulkan gejala sakit kepala, kembung, nyeri payudara, gangguan mood atau suasana hati
  • tidak memberikan efek perlindungan pada infeksi menular seksual, yang diduga terjadi karena penurunan kadar estrogen yang mengakibatkan vagian dan leher rahim menjadi rentan terkena infeksi

Mengenai keluhan yang Anda alami, kemungkinan terjadi karena efek samping penyesuain hormon akibat pemberhentian KB suntik. Hal ini masih dapat wajar terjadi jika tidak berkelanjutan. Sementara Anda dapat mengevaluasi siklus haid Anda selama 3 bulan kedepan. Apabila keluhan berlanjut ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter Spesialis Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Morning after pill bukanlah obat aborsi. Cara kerjanya juga sangat jauh berbeda.

Morning After Pill, Pil Kontrasepsi "Darurat" untuk Suami-Istri

Levonorgestrel, atau yang sering disebut morning after pill, dianggap sebagai pil kontrasepsi “darurat”, yang hanya boleh diminum setelah berhubungan seksual tanpa pengaman. Pil ini tidak boleh rutin dikonsumsi.