24 Sep 2021, 11:20Kandungan

KB suntik 1 bulan, menstruasi tidak berhenti

AD
Info Penanya: AD, Wanita, 22 Tahun
Assalamualaikum dok Saya mau bertanya.. Saya ikut suntik kb yg 1 bulan.. Suntik sudah 2x Sekarang sudah berhenti gak suntik lagi . Skrg sudah lebih 2 minggu Msih belum selesai2 Gimana klo gini dokk?
76 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Elsinda Eka Sari
(0)
Selamat sore, AD.KB atu keluarga berencana merupakan program menjarakkan jumlah anak yang digalakan oleh pemerintah di Indonesia. Banyak sekali jenis KB namun secara garis besar dibagi menjadi 2 jenis, yaitu KB hormonal dan non hormonal.Jenis KB hormonal ada pil, suntikan (dapat berupa KB 1 bulan atau 3 bulan), serta KB implant. Mari kita bahas lebih rinci mengenai KB suntik 1 bulan. KB suntik 1 bulan merupakan kontrasepsi yang mengandung 2 hormon yaitu hormon estrogen dan progesteron. Kedua hormon ini memegang peranan penting dalam siklus menstruasi wanita. KB ini mengganggu proses terbentuknya sel telur pada fase folikel.

Apa saja efek samping dari KB suntik?

  • Siklus menstruasi yang terganggu. Menstruasi dapat memanjang atau memendek, bahkan bisa tidak terjadi menstruasi.
  • Sering mengalami sakit kepala
  • Payudara terasa nyeri
  • Berat badan dapat meningkat
  • Dapat terjadi perubahan suasana hati (mood swings)
Bila keluhan perdarahan yang anda alami tidak kunjung berhenti sangat serta didapati keluhan lain seperti badan terasa lelah, ingin pingsan, tangan atau kaki dingin disarankan agar segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan. Dan konsultasikan kembali penggunaan kontrasepsi apa yang cocok untuk anda sebelum pemakaian. Sekian dan semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Elsinda
siklus haidpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil