23 May 2021, 05:18Kandungan

Kenapa setelah berhenti KB, menstruasi dua kali?

ND
Info Penanya: ND0
Dok saya mau tanya, saya baru berhenti kb suntik 1bln, tp baru selesai mens 10hr kok mens lagi ya dok, terus mensnya banyak sekali dok kyk ngompol gitu, itu kenapa ya dok?
52 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, NDTerima kasih atas pertanyaannya.Siklus menstruasi terjadi saat 21-35 hari sekali dengan durasi saat mens 2-7 hari dan volume darah yang dikeluarkan sekitar 30-40 ml.  Bila terdapat siklus di luar angka tersebut maka  terjadi gangguan menstruasi

Penyebab siklus menstruasi yang terganggu :

  • Obesitas atau kurus.
  • Penggunaan KB hormonal.
  • Kelainan di rahim.
  • Gangguan hormon tiroid.
  • Kehamilan dan menyusui.
  • Stres dan kelelahan serta sering begadang.
Keluhan yang terjadi pada anda dapat dikarekanan efek penggunaan suntik KB sebelumnya.  Suntik KB mengandung hormonal sehingga terkadang dapat menganggu hormonal dalam tubuh sehingga dapat berefek pada siklus menstruasi.  Efek samping ini dapat menetap hingga 2-3 bulan pasca lepas suntik KB.  Selama tidak berulang maka tidak perlu khawatir.  Jika gangguan menstruasi berulang di 3 kali periode mens selanjutnya ada baiknya periksa ke dokter spesialis kandungan untuk pemeriksaan rahim.  Apakah terdapat masalah di rahim atau pengaruh hormon yang belum stabil. Sementara ini jaga berat badan seimbang, olahraga teratur, perbanyak air putih, hindari begadang dan stres, serta jaga asupan makan sehat untuk bantu menstabilkan siklus menstruasiSemoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
penggunaan kbkontrasepsihormongangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil