Berhenti KB apa efeknya?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
assalamualaikum dok..saya berhenti kb bln maret akhir, bln april saya menstruasi tdk teratur kata teman2itu tanda2 kehamilan setelah berhenti menstruasinya dok. tp saya belum ada tanda2 dok.. hanya saja kebanyakan menstruasinya dr pd sucinya , pdhl udh 3bln ke sekarang dok.. mohon pencahariannya dokk.. karna berhubung saya belum pernah ngalamin
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SU,

KB adalah salah satu metode kontrasepsi yang banyak dipilih karena dianggap sangat praktis, dan tidak perlu menghindari masa subur untuk berhubungan seksual.

Namun efek samping penghentian KB berupa siklus haid yang tidak teratur baik siklus haid yang sering terlambat, atau perdarahan yang sering dan banyak bisa dirasakan beberapa bulan hingga 1 tahun meski KB sudah dihentikan. Dan hal tersebut merupakan efek samping KB, bukan tanda-tanda kehamilan. Tanda-tanda kehamilan adalah terlambat haid, mual, muntah, perubahan emosional, badan terasa lemas, sering pusing, dll.

Yang perlu Anda lakukan agar siklus haid kembali normal adalah:

  • Rutin olahraga agar aliran darah lancar dan berat badan bisa ideal.
  • Hindari stres dan kelelahan.
  • Banyak makan sayur dan buah.
  • Minum air putih yang banyak.
  • Usahakan untuk selalu cukup tidur sekitar 8 jam setiap hari dan jangan bergadang. Karena bergadang akan merusak jam biologis yang ada di dalam tubuh.

Bila perdarahan Anda sangat banyak, maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk USG. Biasanya dokter akan meresepkan obat untuk mengatur keseimbangan hormon Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Amenorrhea adalah penyebab wanita tidak haid

Waspadai Amenorrhea, Salah Satu Kondisi Penyebab Tidak Haid

Amenorrhea merupakan salah satu kondisi penyebab wanita tidak haid. Kondisi ini ditandai dengan tak munculnya menstruasi meski sudah memasuki usia pubertas.