Berhenti KB 3 bulan kemudian haid tidak teratur, apakah yang dialami ?

YR Info Penanya: YR, Wanita, 1 Tahun
Assalamu.aikum dokSya berhenti kb 3bln langsung besoknya haid slama 8 hari, darahnya banyak dan ada gumpalan2 darah juga.. kemudian baru berhenti selama 4 hri sekarang keluar sedikit darah lagi dok.. kira2 apa yg sya alami?Mohon penjelasanya. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, YR.

KB suntik merupakan jenis metode kontrasepsi yang dilakukan dengan penyuntikanobat hormonal. Waktu penyuntikannya terbagi menajadi satu dan tiga bulan sekali. Selain itu, tingkat keberhasilan KB suntik sama tingginya dengan jenis KB hormonal jenis lain. Namun, serupa dengan jenis KB lainnya, KB suntik pun tetap memiliki berbagai efek samping.

Berikut berbagai efek samping KB suntik yang sering timbul, yakni  :

  • siklus haid tidak teratur
  • berat badan tidak terkendali
  • timbulnya berbagai gejala (nyeri payudara, nyeri kepala, perut kembung hingga gangguan suasana hati)
  • penurunan kepadatan tulang saat penggunaan KB
  • tidak melindungi dari penyakit infeksi menular seksual
  • pasca berhenti KB, biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk subur kembali

Yang Anda alami terkait dengan keluhan haid yang volume darah nya banyak disertai gumpalan-gumpalan dan adanya darah yang keluar lagi diluar siklus haid dapat merupakan efek samping penggunaan KB yang berupa ketidakseimbangan hormon. Efek samping ini merupakan salah satu yang sering kali dialami. Selain haid yang menjadi banyak adapula yang tidak haid sama sekali. Untuk keadan ini, karena dapat menimbulkan komplikasi anemia jika berkelanjutan, ada baiknya diperiksakan lebih lanjut pada dokter Kandungan. Sementara Anda dapat konsumsi air rebusan jahe, kunyit dan ekstrak adas untuk membantu mengatasi perdarahan diluar siklus haid yang Anda alami.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Siklus Menstruasi yang Normal dan Membedakannya dengan yang Tidak Normal

Mengetahui siklus menstruasi tidak cuma membantu merencanakan kehamilan, tapi juga mengantisipasi gangguan kesehatan. Siklus menstruasi normal itu seperti apa?