Berenang bagi penderita syaraf terjepit

DS Info Penanya: DS, Wanita, 41 Tahun
Malam, Dokter. Dok, berenang seperti apa atau gaya berenang yang baik bagi penderita syaraf terjepit? Berapa lama waktu berenangnya serta gerakan apa saja untuk bisa meringankan rasa sakit yang ada di leher? Karena saya pernah disarankan untuk berenang. Setelah menjalani MRI saya baru tahu kalau saya ada syaraf terjepit di leher, yaitu ruas 3-5. Namun belakangan saya baru tahu kalau tulang belakang saya pun bermasalah atau bengkok, bahkan sekarang kalau dalam sehari saya duduk terus, tulang ekor terasa sakit. Apakah dengan berenang semua itu bisa sembuh, karena buat saya tidak memungkinkan untuk menjalani operasi. Perlu dokter ketahui kalau saya sudah menggunakan penyangga leher serta korset. Terima kasih, Dokter.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu DS,

Syaraf kejepit pada ruas tulang belakang, sekitar leher dalam ilmu kedokteran mungkin dapat dikelompokan dalam penyakit HNP atau Hernia Nukleus Pulposus.

HNP atau Herniasi Nukleus Pulposus adalah salah satu jenis penyakit akibat proses penuaan pada bantalan antara ruas tulang belakang, yang menyebabkan penonjolan ruas tulang belakang. HNP adalah awal dari proses penjepitan syaraf tulang belakang dan dapat berakibat fatal sampai kelumpuhan.

Tulang yang paling sering terkena HNP adalah tulang ruas leher bagian bawah dan ruas pinggang bawah.

Pengobatan yang diajurkan secara medis untuk HNP adalah Medikamentosa atau pemberian obat-obatan, Fisotherapy dan Operasi. Sebesar 70% kasus HNP tidak memerlukan operasi,karena belum merusak syaraf. Pengobatan diberikan berupa modifikasi obat –obatan dengan fisiotherapi, bila dalam waktu maksimal 3 bulan belum ada perbaikan, maka Dokter akan mempertimbangkan untuk melakukan operasi.

Tindakan operasi dilakukan dengan tujuan dapat menghilangkan nyeri, mencegah kerusakan pada syaraf menjadi lebih parah, dan memungkinkan terjadinya kesembuhan pada syaraf.

Selain Medikamentosa dan Operasi, terdapat jenis pengobatan lain yang saat ini dikembangkan yaitu Blok Syaraf, dan pada kasus HNP tertentu memberikan hasil yang baik.

Dengan kemajuan dalam tehnologi Kedokteran dan banyaknya tenaga ahli Bedah yang terlatih, saat ini operasi untuk HNP (Bedah mikro dengan bantuan mikroskop dan endoskop) resiko komplikasi dapat ditekan sampai kurang dari 2% dan resiko kelumpuhan kurang dari 0,5%.

Untuk Fisiotherapy harus dalam pengawasan Fisiotherapys dan kemudian dapat diulang sendiri di rumah sesuai arahan.

Berenang yang dianjurkan untuk pengobatan HNP adalah dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Bila dalam keadaan nyeri, dapat berenang gaya dada dengan santai, tidak boleh dipaksakan, minimal 15 menit pada awal latihan.
  2. Bila tidak dalam keadaan nyeri, dapat berenang gaya dada atau gaya bebas.
  3. Berenang gaya kupu – kupu tidak dianjurkan karena menekan tulang belakang dan dapat memperparah HNP.
  4. Untuk tujuan pengobatan, maka berenang dapat dilakukan 2 sampai 3 kali seminggu, dengan waktu antara 20 sampai 45 menit setiap berenang.
  5. Untuk maintenance / mempertahankan, maka berenang dapat dilakukan minimal 1 kali dalam seminggu.

Sebelum melakukan latihan sebaiknya kunjungi Dokter Spesialis Syaraf (Neurology) dan Dokter Spesialis Rehabilitasi Medis untuk melakukan pemeriksaan dan konsultasi lebih lanjut.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ciri-ciri penyakit saraf spondilosis servikal adalah sakit leher dan sakit kepala belakang

Sakit Leher dan Ciri-ciri Penyakit Saraf Lainnya pada Lansia

Kerusakan tulang, sendi dan saraf adalah bagian yang sulit dipisahkan dari proses penuaan. Ketiganya berhubungan satu sama lain dan dapat menimbulkan kondisi yang disebut sebagai spondilosis servikal. Gejala yang sering dialami adalah sakit leher dan sakit kepala belakang.