Berdiri lama pinggang terasa sakit?

IA Info Penanya: IA, Pria
Mau tanya donk, kl berdiri lama pinggang sakit gejala apa ya? Terus obatnya apa sih? Trims
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, IA.

Pada saat Anda berdiri lama, sebetulnya posisi tubuh sedang tegak dan tulang belakang juga posisinya paling baik. Namun bila disertai posisi tubuh yang tidak sesuai seperti sedang bergelantungan di dalam bis/kereta maka otot dan sendi Anda dalam posisi tertarik. Dan bila berlanjut bisa menjadi kram karena pada saat otot tertarik / kontraksi dia mengeluarkan zat laktat. Bila terkumpul dalam jumlah banyak bisa mengakibatkan pegal dan kesemutan.

Selain itu nyeri pinggang juga bisa akibat gangguan di tulang punggung atau saluran kencing. Bila disertai keluhan kencing perih atau jumlahnya berkurang maka perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk kencingnya. 

Untuk mengatasinya, istirahatkan otot dan sendi Anda. Bisa juga diberi kompres hangat selang seling dengan dingin untuk mengurangi nyeri. Anda juga dapat menggunakan obat nyeri tablet atau salep yang dijual bebas di pasaran. Bila keluhan berlanjut maka Anda perlu evaluasi langsung dengan Dokter untuk mencari tahu penyebabnya.

Saya lampirkan artikel mengenai Mencegah Nyeri Otot Punggung, Bagaimana Caranya?

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain pijat, mengonsumsi obat sakit pinggang juga dapat mengurangi rasa nyeri

6 Jenis Obat Sakit Pinggang yang Efektif untuk Atasi Nyeri

Ada banyak jenis obat sakit pinggang yang aman digunakan, mulai dari paracetamol, ibuprofen, hingga obat opioid dan antidepresan. Perlu diingat, tidak semua orang cocok mengonsumsi jenis obat yang sama.