Bercak putih di wajah, apa yang harus dilakukan?

AA Info Penanya: AA
Dok diwajah saya ada bercak putih udah pake kalpanax sampe habis tapi tidak ada perubahan terus ganti pake lidah buaya tp wajah gatal apakah harus diteruskan atau berhenti dan apa solusinya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AA.

Bercak putih pada wajah adalah suatu kondisi yang mengganggu penampilan.

Berikut penyebab bercak putih di wajah yang sering terjadi:

  • Tinea versicolor atau panu, yaitu infeksi yang disebabkan oleh jamur. Biasanya, penderita akan merasa gatal dan terkadang disertai kulit bersisik. 
  • Vitiligo, yaitu kondisi kurangnya produksi pigmen melanin di kulit
  • Pitiriasis alba, adalah kondisi sejenis eksim yang menyebabkan kulit menjadi kering, bersisik, dan mengelupas, dengan warna kulit yang lebih putih daripada sekitarnya
  • Bercak matahari, yang disebabkan karena paparan sinar matahari jangka panjang

Pada kasus Anda, merek obat yang Anda sebutkan mengandung mikonazole, dan efektif untuk pengobatan panu. Namun, jika penyebab bercak putih Anda bukan panu, maka obat tersebut tidak efektif.

Lidah buaya sendiri berfungsi sebagai pelembab, pembersih kosmetik, ataupun mencegah iritasi pada kulit; dan bukan sebagai pengobatan untuk bercak putih.

Sebaiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter spesialis kulit dan kelamin untuk menentukan penyebab bercak putih di wajah Anda. Dokter akan menanyakan riwayat bercak putih tersebut, dan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang jika diperlukan. Setelah itu, dokter akan memberikan terapi yang tepat untuk Anda.

 

Terima kasih telah bertanya di forum SehatQ, semoga apa yang disampaikan bermanfaat.

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Suntik botox bekerja dengan mencegah otot untuk berkontraksi sehingga dapat menghilangkan kerutan di wajah

Mengetahui Cara Kerja Suntik Botox dan Efek Sampingnya

Suntik botox telah digunakan selama bertahun-tahun untuk menghilangkan kerutan pada wajah. Cara kerja suntik botox adalah memblokir atau mencegah sinyal dari saraf untuk dialihkan ke otot sehingga otot tidak bisa berkontraksi. Efek samping botox yang dapat dirasakan adalah memar hingga penurunan kelopak mata.