26 Dec 2020, 21:20Kulit & Kelamin

Penyebab bercak putih di wajah yang semakin melebar

AH
Info Penanya: AH0
Selamat malam dok,saya mau tanya kenapa ya wajah saya ada bercak putih dan semakin lama semakin melebar bercak putihnya.tidak ada rasa gatal namun terlihat risih aja sama bercak nya Cara menghilangkannya pakai apa ya dok? Kalau pakai salap 88 aman tidak ya dok? Terimakasih
340 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, A.Penyebab bercak putih yang melebar pada wajah bisa karena infeksi pada kulit wajah akibat jamur, bekas luka, pasca terkena varicela zooester atau cacar air. Bercak putih di wajah disebut dengan hipopigmentasi dimana kulit terlihat lebih terang dibanding sekitarnya. Wajah yang merupakan salah satu ikon kecantikan yang perlu dijaga. Masalah di wajah dapat menurunkan rasa percaya diri penderitanya.

Penyebab bercak putih di wajah yang semakin melebar

Penyebab bercak putih di wajah yang semakin melebar antara lain :
  • Infeksi jamur / panu dimana istilah medisnya tinea versicolor yang ditandai dengan timbul bercak putih bersisik, dengan batas yang tegas, dan rasa gatal saat berkeringat. Infeksi jamur ini dapat terjadi akibat penggunaan pakaian maupun handuk yang bersamaan. Cara mengatasi infeksi jamur adalah dengan menggunakan salap antijamur sebanyak 2 hingga 3 kali sehari selama minimal 4 minggu. Penggobatan jamur yang cukup lama, harus diimbangi dengan menjaga kebersihan badan dan muka oleh penderitanya.
  • Bekas luka atau infeksi pada kulit. Cara mengatasinya yaitu dengan mencegah luka agar tidak terinfeksi. Jika terdapat bekas luka, coba untuk merawat wajah dengan menggunakan masker berbahan alami serta penggunaan krim pemutih sesuai resep dokter spesialis kulit.
  • Vitiligo dimana kulit seseorang berhenti memproduksi melanin yang dapat terjadi pada muka dan di seluruh tubuh. Vitiligo belum bisa disembuhkan namun dapat dihambat penyebarannya.
Salap 88 yang Anda gunakan mengandung benzoic acid, sulfur, alicylic acid, dan kandungan lainnya yang bertujuan untuk mengurangi gatal dan infeksi pada kulit termasuk infeksi jamur. Obat ini dapat Anda gunakan jika penyebab bercak di kulit Anda karena jamur. Oleskan tipis-tipis salap pada area bercak putih sebanyak 2 sampai 3 kali sehari secara rutin hingga bercak menghilang.Jika bercak putih di wajah bertambah banyak, lebar, disertai rasa gatal segera ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
infeksi jamurvitiligoperawatan wajah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil