Apa penyebab bercak putih di dalam vagina seperti sariawan?

AH Info Penanya: AH
Dok mau tanya...di bagian dalam mrs.v ada muncul bercak2 putih seperti lidah yang sariawan...mohon penjelasan terkait kondisi tersebut sekaligus referensi untuk obatnya..terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AH, 

Sariawan di vagina adalah gejala yang bisa timbul akibat beberapap penyebab seperti infeksi jamur vagina, infeksi bakteri di vagina atau disebut vaginitis bakterialis, infeksi parasit, infeksi menular seksual, cedera, iritasi, peradangan vagina dan penyebab lainnya.

Pemeriksaan secara langsung perlu dilakukan oleh dokter kulit dan kelamin atau dokter kandungan dan kebidanan dimana nantinya bisa dilakukan pemeriksaan sampel cairan dari vagina untuk memastikan penyebabnya. Jika penyebabnya adalah infeksi maka akan diberikan pengobatan sesuai dengan penyebabnya. Jika ada indikasi pada infeksi menular seksual maka pasangan juga perlu diperiksakan.

Upayakan menjaga kebersihan organ intim dengan membasuh dengan air hangat dan keringkan sampai kering, hindari menggunakan sabun khusus untuk vagina, hindari menggunakan pembalut dalam waktu lebih dari 3 jam, dan hindari pembalut yang mengandung parfum, ganti pakaian dan pakaian dalam secara teratur dan upayakan melakukan hubungan seksual yang aman.

Jika keluhan makin berat, disertai keputihan dan gejala lain seperti nyeri perut, gangguan berkemih, nyeri pinggang, nyeri saat berhubungan seksual maka perlu segera diperiksakan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Risiko penularan penyakit menular seksual lain seperti HIV, akan meningkat, dengan adanya penularan trikomoniasis.

Trikomonasis Akibat Keputihan, Pernahkah Anda Mendengarnya?

Meski bisa terjadi pada semua orang, trikomoniasis lebih sering dijumpai pada wanita. Trikomoniasis merupakan penyakit menular seksual, yang meningkatkan risiko infeksi virus HIV.