24 Sep 2020, 01:19Kulit & Kelamin

Tahi lalat, apakah bisa hilang dengan penggunaan krim pemutih?

FS
Info Penanya: FS, Wanita, 21 Tahun
Dok, saya ingin bertanya, saya pengguna krim racikan dokter klinik kecantikan sejak SMP. Saat ini saya sedang berkuliah dan saya baru menyadari ada bercak semacam tahi lalat di bawah hidung dan di atas bibir kori. Jika saya tidak menggunakan krim pemutih dosis tinggi Tahi lalat/bercak tersebut semakin lama semakin menghitam dan terlihat sangat jelas, namun bila menggunakan akan terus tersamarkan. Apakah yang saya alami ini normal atau berbahaya ya dok?Apakah ada cara lain selain penggunaan krim?
789 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, FTerima kasih atas pertanyaan AndaTahi lalat terbentuk karena adanya pertumbuhan dari sel penghasil warna pada kulit atau disebut dengan melanosit. Seiring dengan berjalannya waktu, bentuk dan warna dari tahilalat bisa berubah. Umumnya tahi lalat  wajar terbentuk, namun perlu di perhatikan bahwa pada kondisi tertentu, tahi lalat bisa menjadi salah satu kanker kulit. 

Berikut ini adalah beberapa jenis tahi lalat:

  • Tahi lalat biasa
    Biasanya muncul setelah lahir sampai dengan usia 20 tahun. berbentuk bulat / oval, rata atau sedikit timbul dari permukaan kulit dengan permukaan halus atau kasar, terkadang ditumbuhi helaian rambut, ukuran tidak berubah, berwarna hitam/coklat/kemerahan.
  • Tahi lalat atipikal
    Tahi lalat ini berbentuk tidak beraturan, permukaan kasar, ukuran besar (lebih dari 6mm), dan berisiko menjadi kanker kulit melanoma.
  • Tahi lalat kongenital
    Kerap disebut sebagai tanda lahir, memiliki ukuran dan bentuk yang bervariasi. Umumnya berukuran kecil, bisa rata ataupun sedikit timbul dari permukaan kulit. Jika memiliki tahi lalat jenis ini dan semakin lama semakin membesar, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter.
Terkait dengan pertanyaan Anda, menggunakan krim racikan yang mengandung pemutih dosis tinggi dalam waktu yang lama tidak baik bagi kondisi kesehatan kulit. Alangkah baiknya bila Anda melakukan konsultasi dan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit terdekat untuk penanganan dari tahilalat Anda tersebut, supaya mendapatkan tatalaksana dan terapi pengoabatan yang sesuai. Konsumsilah makanan sehat bergizi, gunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda, gunakan sunscreen pada pagi dan atau siang hari, serta perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan, agar kulit tetap sehat.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
perawatan kulitkesehatan kulittahi lalatperawatan wajah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil