Apa penyebab bercak merah di pampers bayi?

AA Info Penanya: AA, Pria, 27 Tahun
selamat pagi dok, ada yg mau tanyakan terkait anak saya. anak saya laki laki umur 4 bulan, hampir 2 minggu sakit bapil, disertai grok grok dan muntah juga. untuk muntahnya biasanya karena habis batuk. akhir akhir ini juga minumnya agak susah sering meronta ronta dan ogahan minum dok. dan waktu PIPIS di pampers kayak ada bercak merah. kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Bercak merah di pampers merupakan tanda bahwa bayi dehidrasi. Bisa juga merupakan tanda infeksi pada saluran kemih. Bercak merah umumnya terjadi di minggu pertama kelahiran apalagi jika kebutuhan ASI bayi belum tercukupi. Tapi biasanya kondisi ini tidaklah berbahaya. 

Kondisi yang masih dianggap normal jika bayi tidak menunjukan gejala-gejala dehidrasi seperti lemas, lesu, bibir kering, ubun-ubun cekung, dan tidak BAK selama 6 jam. Jika bayi Anda menunjukan gejala-gejala dehidrasi, maka sebaiknya segera dibawa ke dokter agar diperiksa lebih lanjut.

Selain itu, kondisi yang dianggap berbahaya lainnya adalah luka akibat ruam popok dan infeksi saluran kemih, atau bisa juga masalah lain yang lebih serius dari itu. Untuk lebih amannya, segeralah bawa bayi Anda untuk periksa ke dokter anak agar dilakukan pemeriksaan tes urine. 

Untuk saat ini, yang bisa Anda lakukan adalah gunakan popok yang tipis dulu, berikan ASI yang banyak agar tidak dehidrasi, dan memperhatikan kebersihan area sekitar kelamin bayi Anda. 

Salam sehat,

dr. Ester 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alat penyedot atau aspirator dapat digunakan untuk mengangkat lendir jika hidung bayi tersumbat

5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi agar Bisa Tidur Nyenyak

Hidung tersumbat pada bayi merupakan hal yang umum. Kondisi ini dapat ditangani dengan menggunakan alat penyedot lendir, atau dengan kapas dan air hangat,