21 Feb 2021, 22:59Kulit & Kelamin

Bercak merah di lengan, apa penyebabnya?

KM
Info Penanya: KM, Pria, 30 Tahun
Dok.knp di lengan saya ada sering timbul bercak merah kecil merah muda yg tidak gatal hilang timbul dengan sendrinya hampir 2 tahun lebih sejak muncul pertama tanpa gejala ruam datar, kadang sedikit tebal, kadang sdikit menonjol, tapi jarang bercak mirip DBD, saat ditekan hilang, dan timbul bila dilepas, setiap muncul saya cba garuk meski tidak gatal bercak kecilnya memudar tpi meninggalkan bekas merah seperti habis di kerok dan hilng beberapa saat.. kulit saya juga gampang memerah saat di garuk atau tertekan lama itu knp dok? apa itu ruam HIV atau apa?
50 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, KM.Bercak merah yang timbul di lengan dapat merupakan hal normal ataupun abnormal. Dikatakan normal apabila hampir tidak membahayakan kesehatan; misalnya tanda lahir, hiperpigmentasi pasca inflamasi, atau warna kulit pasca terbakar matahari. Sedangkan dikatakan abnormal apabila berpengaruh kepada kesehatan; yang bisa dipicu oleh berbagai kondisi. Dua hal yang paling sering memicu bercak merah abnormal di kulit adalah alergi dan infeksi.Mengacu kepada karakteristik bercak merah Anda, yaitu:
  • berwarna merah muda
  • berukuran kecil
  • tidak terasa gatal
  • saat muncul dapat hilang dengan sendirinya
  • datar dan kadang-kadang menonjol
maka dapat disimpulkan bercak merah ini mengarah kepada sesuatu yang kemungkinan besar normal. Mengenai ketika digaruk atau tertekan muncul bekas merah, hal ini juga merupakan sesuatu yang wajar. Ketika menggaruk, lapisan kulit terluar akan mengalami pengelupasan, dan menyebabkan kulit meradang sesaat dan kemerahan. Lama-kelamaan, peradangan akibat garukan akan membaik dengan sendirinya, lalu kemudian hilang.Untuk itu disarankan agar Anda menjaga kesehatan kulit lengan Anda. Apabila timbul bercak merah, hindari menggaruk untuk mencegah infeksi. Pun, sebenarnya Anda tidak perlu menggaruk karena tidak ada rasa gatal.Namun, apabila Anda tetap merasa cemas dan penasaran untuk mengetahui lebih lanjut terkait bercak tersebut, coba konsultasikan kepada dokter spesialis kulit. Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan guna penegakkan diagnosis, kemudian memberikan penanganan yang sesuai.Mengenai ruam HIV atau bukan, sebelumnya perlu ditelaah lebih lanjut apakah ada aktivitas Anda sebelumnya yang dapat memicu penularan HIV; misalnya seks bebas atau penggunaan jarum suntik. Anda juga dapat melakukan tes HIV di klinik VCT untuk memastikannya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
kulit sehatkesehatan kulitpenyakit kulit
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil