Berhubungan saat haid lalu keluar bercak setelah haid, karena hamil atau sisa mentruasi ?

SD Info Penanya: SD, Wanita, 21 Tahun
Halo dok, perkenalkan saya Dita umur 21 sudah menikah. Tanggal 6 Agustus 20 saya haid, tanggal 7 Agustus 20 saya sempat melakukan hubungan seks dengan suami saya, tanggal 8 Agustus 20 darah haid saya jadi sedikit, tanggal 10 Agustus 20 haid saya sudah berhenti tapi tanggal 13 sampai 14 ada bercak darah yang keluar warnanya cokelat waktu tanggal 13, merah tanggal 14Apakah itu tanda saya mengalami kehamilan? Atau apakah itu hanya sisa sisa darah menstruasi?Terima kasih Dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SD.

Berhubungan saat haid terutama saat awal periodenya merupakan aktivitas yang memiliki berbagai risiko. Kendati terdapat beberapa pendapat yang memperbolehkan berhubungan pada akhir haid, namun umumnya berhubungan pada awal haid malah dapat menimbulkan berbagai efek samping.

Adapun efek samping dan risiko berhubungan seksual saat haid, antara lainnya ialah :

  • iritasi dan peradangan pada vagina
  • luka pada vagina
  • tertular infeksi menular seksual
  • terjangkit radang panggul
  • terjangkit infeksi jamur 
  • kehamilan

Mengenai pertanyaan Anda tentang adanya perdarahan setelah haid dengan riwayat berhubungan pada awal haid perlu diperiksakan jika berkelanjutan karena dikhawatirkan adanya gangguan pada alat reproduksi Anda seperti yang telah dipaparakan diatas. Perihal pertanyaan Anda tentang kemungkinan kehamilan umumnya tidak dapat dilihat dari keadaan tersebut, perlu ada keterlambatan haid pada siklus selanjutnya untuk dapat mengindikasikan kehamilan. Adapun kemungkikan lain yang Anda alami yakni gangguan haid yang disebut dengan metroragia atau keadaan haid tidak teratur atau perdarahan yang terjadi diluar siklus haid.

Untuk sementara Anda dapat memantau bercah darah tersebut. Jika tidak keluar lagi umumnya masih aman. Jika Anda khawatir akan terjadinya kehamilan, pantaulah siklus haid selnajutnya, apabila terjadi keterlambatan selama minimal 10 hari, lakukanlah test pack.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meningkatkan kesuburan atau fertilitas dapat dilakukan dengan menjaga berat badan tetap ideal

3 Cara Meningkatkan Kesuburan agar Cepat Hamil

Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesuburan. Beberapa di antaranya meliputi: menjaga temperatur testis, menjaga berat badan tetap ideal, dan memilih obat-obatan yang aman untuk kehamilan.