02 Dec 2020, 16:28Kandungan

Cara mengatasi perdarahan setelah berhubungan seksual

D
Info Penanya: D, Wanita0
selamat sore dok, saya perempuan umur 25tahun sudah menikah. mau tanya dok, saya sudah 12hari setelah menstruasi dan pada saat berhubungan dg suami ada bercak darah yg menempel di organ vital suami saya karna hal ini baru terjadi di bulan ini sebelumnya tidak pernah itu kenapa ya dok? apakah berbahaya? terimakasih dokter
908 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Selamat sore, D.Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Adanya darah yang keluar setelah berhubungan intim dapat membuat khawatair. Pengeluaran darah ini dapat berupa darah segar atau flek kecoklatan. Keluhan dapat disertai nyeri atau tidak. Penyebab keluar darah setelah berhubungan seksualPenyebab keluar darah setelah berhubungan seksual antara lain :
  • Luka dan peradangan pada vagina
Saat berhubungan seksual terjadi gesekkan oleh penis di dinding vagina. Jika kondisi vagina kering, tidak ada pelumas yang melindungi, ini dapat menyebabkan luka dan peradangan. Cara mengatasinya Anda dan pasangan dapat melakukan foreplay terlebih dahulu sebelum berhubungan seksual dan coba untuk rileks.
  • Penyakit menular seksual
Salah satu penyakit menular seksual seperti sifilis dapat membuat luka pda organ intim, jika luka ini terkena gesekan, maka akan mengeluarkan darah.
  • Kehamilan
Saat kehamilan terjadi penempelan janin di dalam rahim, jika saat penempelan ini terjadi goncangan salah satuya karena berhubungan seksual, maka dapat diikuti perdarahan.
  • Penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim

Cara mengatasi perdarahan setelah berhubungan seksual

Cara mengatasi perdarahan setelah berhubungan seksual adalah dengan mencari tahu penyebab perdarahan dan atasi masalahnya. Selain itu Anda dapat melakukan hal di bawah ini :
  • Isitrahat yang cukup
  • Jangan mengangkat beban berat terlebih dahulu
  • Gunakan pelumas jika berhubungan
  • Lakukan foreplay sebelum berhubungan
  • Cek letak AKDR melalui USG
  • Konsumsi makanan yang tinggi akan zat besi
Jika keluhan perdarahan setelah berhubungan seksual berlanjut, diikuti rasa nyeri dan keram perit, lemas, pandanga gelap dan berkunang-kunang, segera ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
tes kehamilankontrasepsiperdarahan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil