Bercak darah di hidung

CB Info Penanya: CB, Pria, 29 Tahun
Dear Dokter,Saya punya keluhan setiap pagi saya membersihkan hidung saat mandi suka ada bercak darah, biasanya itu di sebabkan apa yah, apakah indikasi ke penyakit serius atau tidak? Terima kasih sebelumnya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak Hj,

Daerah hidung merupakan daerah yang sensitif dan dipenuhi oleh pembuluh darah halus. Pembuluh darah ini mudah sekali pecah bila ada trauma atau perubahan suhu yang signifikan. Membersihkan kotoran hidung merupakan trauma yang dapat mengakibatkan pecahnya pembuluh darah kapiler pada lubang hidung dan mengakibatkan adanya bercak darah yang keluar. Sehingga, sebaiknya lakukan pembersihan lubang hidung dengan cara yang lebih lembut dan tidak memaksakan melepaskan kotoran hidung yang menempel terlalu keras.

Bila bercak darah darah yang menempel pada kotoran hidung berukuran kecil, maka umumnya tidak perlu dicemaskan. Namun, untuk lebih pastinya sebaiknya kunjungi Dokter Spesialis Penyakit Hidung dan Tenggorokan (Sp THT) terdekat untuk berkonsultasi lebih lanjut.

 

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mimisan atau ingus berdarah dapat disebabkan karena pembuluh darah di hidung pecah

Mengenal Penyebab Ingus Berdarah, dari yang Umum hingga Langka

Penyebab ingus berdarah adalah karena pecahnya pembuluh darah di hidung. Kondisi ini bisa disebabkan luka tertusuk kuku, flu, sinus, cuaca ekstrem, hingga obat-obatan.