Berhubungan kemudian keluar bercak coklat, apakah tanda hamil?

NP Info Penanya: NP, Wanita, 25 Tahun
Dokter saya mau tanya, saya tnggl 8 dtg bln lalu tanggal 14 sy berhub dgn suami sy, lalu kluar didlm keesokan harinya kluar bercak coklat, kira kira resiko utk hamil tinggi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi NP,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Kehamilan pada dasarnya sesuatu hal yang tidak dapat di prediksi secara pasti. Pada prinsipnya kehamilan bisa terjadi karena adanya pembuahan sperma oleh sel telur di dalam rahim. Sel telur akan keluar setiap bulannya sekali setiap bulannya pada masa subur. Masa subur wanita biasanya akan terjadi selama 14 hari sebelum menstruasi berikutnya, sehingga jika Anda melakukan hubungan seksuasl setelah menstruasi, peluang terjadinya kehamilan lebih besar.

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, flek coklat yang Anda alami bisa saja karena sisa darah menstruasi atau flek yang terjadi karena perdarahan karena implantasi (penempelan sel telur ke dinding rahim setelah di buahi sperma). Namun flek coklat yang Anda alami belum bisa di pastikan. Sehingga jika pada bulan depan Anda mengalami terlambat menstruasi, sebaiknya lakukan testpack untuk memastikannya.

Jika Anda dan pasangan berencana untuk menunda kehamilan, sebaiknya gunakan alat kontrasepsi seperti pil KB, suntik KB, IUD atau metode alat kontrasepsi lainnya. Untuk memperkecil risiko terjadinya kehamilan. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi dokter kandungan.

Semoga informasi yang di berikan bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perut kembung adalah gejala kanker ovarium

Mengenal 10 Gejala Kanker Ovarium yang Sering Tak Disadari

Gejala kanker ovarium seringkali tidak disadari oleh wanita, hingga menyebabkan kondisi tersebut semakin gawat. Perut kembung adalah salah satu gejalanya.