Bercak-bercak coklat setelah menggunakan KB suntik.

A Info Penanya: A, Wanita, 22 Tahun
Dok saya kan kb tgl 22 juni kb 1 bulan trus tgl 15-19 juli saya haid ,tgl 18 saya HB ,setelah seminggu tgl 27-31 juni saya keluar bercak" coklat tgl 4 agustus saya hb dengan suami trus thl 9 agustus ini saya keluar bercak lagi ,ini akibat dari kb atau gimana ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A

Terimakasih sudah bertanya pada Forum SehatQ.

Jadi anda haid tanggal 15-19 Juli sudah dalam pengaruh KB suntik, bila diperkirakan siklus 4 minggu maka haid anda sekitar tanggal 12 Agustus nanti.

Flek itu juga dapat keluar walaupun tidak menggunakan KB suntik. Karena flek bisa berasal dari darah sisa haid yang belum keluar atau darah dari hasil penempelan sel telur pada dinding rahim. Hubungan badan bisa diabaikan karena flek keluar beberapa hari setelah berhubungan badan, dan tidak terjadi lansung.

Kemudian anda suntik tanggal 22 Juni, apakah tanggal 22 Juli anda suntik kembali? Bila tidak maka anda mungkin sudah tidak terlindungi oleh suntik KB sebelumnya dan ada kemungkinan sudah bisa hamil. Kemudian anda berhubungan tanggal 4 Agustus, keluar bercak tanggal 9 Agustus. Bila tanggal 19 Agustus anda belum mendapat haid sebaiknya anda cek kehamilan dulu dengan test pack. Karena bisa saja bercak yang terakhir adalah bercak tanda sudah terjadi pembuahan dan sel telur sudah tertanam di rahim.

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memperhatikan waktu yang tepat untuk bercinta adalah salah satu cara agar cepat hamil.

Agar Cepat Hamil, Anda Harus Perhatikan Beberapa Hal Berikut

Buat Anda dan pasangan yang sedang menanti momongan, ada beberapa cara agar cepat hamil yang bisa dicoba. Ada beberapa cara agar cepat hamil yang bisa memperbesar kemungkinan kehamilan.