Berbekas pori-pori besar karena ambil komedo

AR Info Penanya: AR, Pria, 22 Tahun
Izin bertanya dok, wajah saya itu berbekas lubang2 dan pori2 besar karena ambil komedo. Bagaimana cara menghilangkan wajah bopeng agar mulus kembali? Dan apa obatnya? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AR,

Pori-pori wajah yang tampak besar atau sering disebut bopeng dapat timbul oleh beberapa penyebab seperti:

  • Bekas luka jerawat atau atrofi scars
  • Faktor genetik
  • Perubahan hormonal
  • Paparan matahari
  • Perubahan usia
  • Kebiasaan merokok
  • Penggunaan produk perawatan wajah

Untuk mengatasinya sendiri dapat dilakukan beberapa cara seperti membersihkan wajah secara teratur dengan sabun wajah yang ringan, menggunakan masker wajah yang sesuai dengan jenis kulit, gunakan tabir surya dan juga melalui tindakan medis seperti chemical peeling, dermabrasi, menggunakan teknik rollling wajah, penyuntikan obat steroid ataupun tindakan lain sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Periksakan diri pada dokter kulit jika keluhan kulit wajah tersebut mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri Anda. Hindari memencet atau mengeluarkan komedo terutama jika tidak steril karena bisa memicu infeksi. Jangan gunakan sembarangan krim atau produk perawatan apabila tidak terdaftar di BPOM. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

RA
23 Sep 2019, 00:50
Udah coba pake paketan tienshi belum pak? Saudara saya juga pernah alhamdulillah sekarang bisa normal lagi, berbagi aja pak di wa 083862651634 . Barangkali saya bisa bantu :)
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memencet jerawat batu justru akan membuatnya semakin parah

Sudah Tahu Cara Menghilangkan Jerawat Batu yang Efektif?

Cara menghilangkan jerawat batu berbeda dengan cara menangani rosacea. Aturan utama adalah tahan diri untuk tidak memencet jerawat.