Berbahayakan anak tertelan permen karet?

F Info Penanya: F, Wanita, 34 Tahun
Dok, anak saya tadi tidak sengaja menelan permen karet. Usianya 5 tahun dok, apa ini berbahaya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, F.

Permen karet merupakan jenis permen tertentu dibuat khusus untuk dikunyah dengan teskturnya yang lunak dan kenyal serta dapat dikembangkan menjadi gelembung. Permen karet telah menjadi salah satu alternatif permen yang tidak hanya disukai anak tetapi juga remaja dan dewasa. Akan tetapi permen karet bukanlah jenis permen yang bertujuan untuk ditelan sehingga umumnya konsumsi permen karet pada anak perlu lebih dipantau.

Kendati efeknya tidak seberbahaya mitos yang merebak selama ini namun perlu diketahui bahwa permen karet umumnya terbuat dari campuran bahan alami dan sintetis, yang dapat mengandung pengawet, pewarna, perasa dan pemanis buatan. Berbagai kandungan tersebut dapat dicerna tubuh terkecuali bahan utamanya yang berupa karet, sehingga bahan karet tersebut tidak dicerna tetapi akan melewati saluran pencernaan dalam waktu sekitar 40 jam dan dibuang bersama tinja.

Dengan kata lain, jika sekali waktu tidak sengaja tertelan permen karet maka tidak berbahaya terkecuali bisa terlalu sering terjadi. Pasalnya kumpulan dari permen karet yang tertelan dapat menyumbat saluran pencernaan yang dapat berakibat lebih serius dan membutuhkan tindakan pengambilan dengan prosedur operasi.

Adapun gejala yang dapat ditimbulkan jika terjadi penyumbatan yang berupa :

Bagi anak Anda yang telah menelan permen karet, dapat diberi minum lebih banyak dan jika hanya sekali waktu ini umumnya dapat keluar dengan sendirinya seiring dengan pembuangan kotoran saat buang air besar. Namun demikian ada baiknya untuk dihimbau dan lebih dibatasi konsumsinya pada anak agar tidak terjadi lagi dikemudian hari.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum air kelapa saat haid ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh

Minum Air Kelapa Saat Haid, Selamat Tinggal Kram Perut!

Berkat kandungan elektrolit, vitamin, dan juga mineral di dalamnya, air kelapa menjadi salah satu minuman paling menyehatkan, selain air putih. Minum air kelapa saat haid bisa mencegah kram perut dan mencegah dehidrasi.