Berbahayakah wanita hamil bepergian jauh ?

SS Info Penanya: SS, Wanita
Halo dok,saya mau tanya apakh boleh wanita hamil bepergian jauh berkendaraan 2,bahaya gak dok buat si janin nya atau gak dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi. SS.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Anggapan bahwa wanita hamil tidak boleh melakukan aktivitas berat terkadang membatasi ruang gerak ibu hamil. Padahal definisi dari aktivitas berat tersebut luas dan beragam. Walaupun secara garis besar hampir sama namun dapat berbeda pada setiap ibu hamil tergantung pada dari kondisi kesehatan tiap ibu hamil dan usia kehamilan.

Menurut para ahli, apabila keadaan kehamilan ibu setelah melakukan pemeriksaan tidak ditemukan kelainan dan termasuk kepada kehamilan yang sehat, bepergian dianggap aman. Baik menggunakan pesawat, menggunakan alat transportasi darat hingga menyetir sendiri.

Namun terdapat beberapa anjuran pada setiap alat transportasi yang digunakan, seperti :
  • Bepergian dengan pesawat (trimester kedua merupakan waktu terbaik, sebaiknya tidak bepergian pada usia kehamilan 36 minggu atau lebih)
  • menyetir mobil sendiri dibatasi hingga enam jam sehari, agar aliran darah ibu tetap terjaga, diusahakan untuk mengajak pendamping atau teman mengamudi, agar dapat bergantian

Untuk memastikan hal ini, sebelum bepergian sebaiknya Anda melakukan kontrol kehamilan terlebih dahulu ke dokter Spesialis Kandungan untuk mengetahui keadaan kehamilan Anda. Selama tidak ada komplikasi pada kehamilan seperti prematur kontraksi, perdarahan, atau riwayat tekanan darah tinggi umumnya bepergian tidak berbahaya bagi Anda maupun janin di dalam kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu mitos kehamilan yang tidak dapat dipercaya adalah makan nanas dapat mengakibatkan keguguran

Bumil Jangan Percaya dengan 5 Mitos Kehamilan yang Tidak Terbukti Ini

Ada banyak mitos kehamilan yang tidak seharusnya dipercaya dan justru bagus jika dilakukan dengan benar, seperti mengonsumsi nanas secukupnya dan melakukan hubungan seksual saat hamil.