Berbahayakah kencing nanah?

AP Info Penanya: AP, Pria, 35 Tahun
Hallo dok saya menderita penyakit kencing nanah. Tapi sekarang sudah sampai berdarah.. Apakah berbahaya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AP,

Keluhan kencing bernanah seringkali disebabkan oleh penyakit menular seksual akibat sering berganti-ganti pasangan dan tidak menggunakan kondom ketika berhubungan seksual.

Penyakit menular seksual tersebut bisa berupa :

  1. Gonorrhoea. Penyakit ini sering menimbulkan keluhan nyeri dan panas ketika BAK, keluar nanah berwarna putih, kuning hingga kehijauan, tampak bengkak dan kemerahan di ujung penis.
  2. Klamidia. Keluar cairan dari kemaluan dan terasa nyeri ketika ejakulasi, ingin BAK terus, nyeri ketika berhubungan seksual, hingga keluar darah dari dubur.

Karena kencing nanah merupakan penyakit menular seksual dan berbahaya, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menghindari terjadinya kembali kencing nanah tersebut dengan cara :

  1. Gunakan kondom ketika berhubungan seksual.
  2. Hindari berganti-ganti pasangan.
  3. Lakukan pemeriksaan dan pengobatan bersama-sama dengan pasangan. Karena seringkali pada wanita tidak menimbulkan gejala.
  4. Hindari berhubungan seksual ketika sedang masa pengobatan.
  5. Hindari berbagi mainan seks.

Karena kencing nanah sudah bercampur dengan darah, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter kulit untuk penanganan yang tepat, sebelum infeksi semakin menyebar.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh BF
27 Apr 2020, 22:37
Dok maaf sebelum nyaPenis saya sudah tidak bengkak dokNamun nanah yg keluar masih keluar dok tapi sudah tidak kental lagi dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
28 Apr 2020, 02:56
Selamat pagi BF,
Selama masih keluar nanah, artinya masih ada infeksinya. Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter agar bisa diobati dengan tuntas.
Salam sehat,
dr. Vina
Dibalas oleh BF
27 Apr 2020, 22:39
Apakah itu tanda nya sudah hampir sembuh dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
28 Apr 2020, 02:58
Selamat pagi BF,
Nanah yang mulai encer artinya sudah mulai ada perbaikan, namun belum sepenuhnya sembuh, sehingga Anda perlu melanjutkan pengobatannya dan menjaga kebiasaan seksual Anda.
Salam sehat,
dr. Vina
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Antibiotik penicilin adalah obat sipilis yang paling efektif

Ketahui Obat Sipilis yang Efektif Serta Anjuran Pemakaiannya

Obat sipilis yang efektif atasi Raja Singa yang tergolong penyakit infeksi banteri berjenis antibiotik. Namun, tidak semua antibiotik bisa sembarangan digunakan.