Berbahayakah kencing nanah?

AP Info Penanya: AP, Pria, 35 Tahun
Hallo dok saya menderita penyakit kencing nanah. Tapi sekarang sudah sampai berdarah.. Apakah berbahaya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AP,

Keluhan kencing bernanah seringkali disebabkan oleh penyakit menular seksual akibat sering berganti-ganti pasangan dan tidak menggunakan kondom ketika berhubungan seksual.

Penyakit menular seksual tersebut bisa berupa :
  1. Gonorrhoea. Penyakit ini sering menimbulkan keluhan nyeri dan panas ketika BAK, keluar nanah berwarna putih, kuning hingga kehijauan, tampak bengkak dan kemerahan di ujung penis.
  2. Klamidia. Keluar cairan dari kemaluan dan terasa nyeri ketika ejakulasi, ingin BAK terus, nyeri ketika berhubungan seksual, hingga keluar darah dari dubur.
Karena kencing nanah merupakan penyakit menular seksual dan berbahaya, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menghindari terjadinya kembali kencing nanah tersebut dengan cara :
  1. Gunakan kondom ketika berhubungan seksual.
  2. Hindari berganti-ganti pasangan.
  3. Lakukan pemeriksaan dan pengobatan bersama-sama dengan pasangan. Karena seringkali pada wanita tidak menimbulkan gejala.
  4. Hindari berhubungan seksual ketika sedang masa pengobatan.
  5. Hindari berbagi mainan seks.

Karena kencing nanah sudah bercampur dengan darah, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter kulit untuk penanganan yang tepat, sebelum infeksi semakin menyebar.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kutu kemaluan adalah salah satu penyebab rambut kemaluan gatal dan ruam kemerahan, hingga iritasi

Benarkah Kutu Menjadi Penyabab Rambut Kemaluan Gatal?

Kontak seksual menjadi faktor utama penularan kutu kemaluan. Gejala rambut kemaluan gatal adalah ruam, kemerahan, iritasi hingga gatal terutama pada malam hari. Salah satu cara mengatasinya adalah mencuci handuk dengan air panas.