Berbahayakah hamil disertai dengan keputihan?

BY Info Penanya: BY, Wanita, 19 Tahun
Dok saya mau tanya ,Kaka saya kan hamil sudah 5 bulan nah ,di bagian vaginanya keluar keputihan yang sangat banyak dan kental ,lalu katanya terasa gatal di area bawah vagina ,itu kenapa yah dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi BY,

Keluhan keputihan bisa dialami oleh setiap wanita, ada yang normal (menjelang haid, atau ketika awal kehamilan) namun ada juga yang tidak normal. Yang tidak normal biasanya akan berwarna putih susu, kuning kehijauan, hingga abu-abu disertai dengan bau dan terasa gatal.

Berikut ini beberapa kemungkinan keputihan yang tidak normal :
  1. Vaginosis bakterialis. Keputihan yang disertai bau amis dan gatal.
  2. Trikomoniasis. Keputihan dengan warna kuning kehijauan.
  3. Infeksi jamur. Keputihan yang berwarna putih seperti susu.
  4. Klamidia. Keputihan yang berbau dan akan terasa nyeri ketika berhubungan seksual.
  5. Gonore.

Yang perlu dilakukan adalah menjaga kebersihan area kelamin dengan rutin mengganti celana dalam, membasuh area kelamin dari arah depan ke belakang dan mengeringkan setelahnya, hindari memakai celana yang terlalu ketat, perbanyak konsumsi air putih, hindari penggunaan sabun pembersih terutama yang mengandung pewangi, hindari makanan yang terlalu manis atau berlemak.

Bila keputihan sangat banyak dan terasa gatal, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan sekalian melakukan pemeriksaan untuk janinnya.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi klamidia disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis.

Benarkah Infeksi Klamidia dapat Menyerang Berbagai Organ?

Infeksi klamidia disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Bakteri ini diketahui sebagai penyebab infeksi menular seksual. Jika seseorang terinfeksi klamidia, risiko tertular HIV menjadi sangat tinggi. Infeksi klamidia tidak hanya menyerang organ reproduksi, tetapi dapat menyerang mata dan paru-paru.